KASN: Pemindahan ASN ke IKN Harus Selektif, Jangan Asal Pindahkan Orang

ADVERTISEMENT

KASN: Pemindahan ASN ke IKN Harus Selektif, Jangan Asal Pindahkan Orang

Brigitta Belia - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 13:48 WIB
Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto
Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto (Foto: Brigitta/detikcom).
Jakarta -

Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Agus Pramusinto mewanti-wanti agar pemindahan ASN ke ibu kota baru harus lebih selektif tidak hanya asal memindahkan orang. Menurutnya, sistem birokrasi harus lebih ramping.

"Seharusnya memang untuk pengisian di IKN harus selektif betul kan kita berharap akan ada birokrasi yang lebih ramping. Tetapi, fungsinya banyak, sehingga ini menjadi momentum penting untuk membentuk organisasi," kata Agus kepada wartawan di Hotel Westin, Kuningan, Jaksel, Senin (28/11/2022).

"Jangan sampai nanti ini hanya mindah orang dari Jakarta ke ibu kota baru," lanjutnya.

Agus mengatakan pemindahan ini bisa jadi momentum untuk mengubah sistem birokrasi baru. Sistem birokrasi yang ramping menurutnya diperlukan agar masyarakat dapat terlayani dengan baik.

"Pastikan ini jadi momentum untuk membangun birokrasi yang baru di sana, membangun dari sisi kompetensi, dari sisi kinerja, strukturnya juga harus ramping, tapi bisa melayani masyarakat lebih baik," ungkapnya

Lebih lanjut, Agus menilai sistem yang ada saat ini sudah cukup baik untuk penyeleksian.

"Sebetulnya mekanisme yang ada itu sudah cukup baik artinya harus ada pengumuman terbuka, harus ada seleksi dengan uji kompetensi yang clear, dan kemudian menghasilkan tiga besar baru kemudian silahkan itu dipilih oleh PPK-nya yang nanti akan menjadi pejabat di sana. Mekanisme yang ada sudah cukup baik," tuturnya.

(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT