Dicurhati Waka DPR Qatar soal Protes Piala Dunia, Cak Imin Balas Apresiasi

ADVERTISEMENT

Dicurhati Waka DPR Qatar soal Protes Piala Dunia, Cak Imin Balas Apresiasi

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 13:18 WIB
Ketum PKB yang juga Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar bersama Wakil Ketua Majelis Syura Qatar Hamda membahas Piala Dunia hingga soal kerja sama bilateral. (dok Istimewa)
Foto: Ketum PKB yang juga Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar bersama Wakil Ketua Majelis Syura Qatar Hamda membahas Piala Dunia hingga soal kerja sama bilateral. (dok Istimewa)
Jakarta -

Ketua Umum (Ketum) DPP PKB yang sekaligus Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Muhaimin Iskandar bertemu dengan Wakil Ketua Majelis Syura Qatar Hamda binti Hassan Al-Sulaiti. Hamda sempat curhat ke Cak Imin soal protes tentang Piala Dunia yang tengah digelar.

Hamda mengaku negaranya diprotes atas penyelenggaraan Piala Dunia 2022 yang berbeda aturan dengan perhelatan sebelumnya.

"Tolong hargai budaya kami di Qatar. Dan juga eksistensi kami di Qatar yang mayoritas penduduknya adalah muslim," kata Hamda ke Cak Imin dalam keterangan yang diterima, Senin (28/11/2022).

Pertemuan digelar di Gedung Majelis Syura Qatar di Doha, Minggu (27/11) kemarin. Majelis Syura adalah lembaga perwakilan rakyat atau legislatif untuk negara Qatar.

Menjawab curhatan Hamda, Cak Imin justru mengapresiasi Qatar yang mampu menggelar kejuaraan sepak bola paling bergengsi sejagad ini dengan sangat elegan. Dia mengatakan Qatar berhasil menggelar Piala Dunia secara lancar dan tertib tanpa ada pemberitaan tentang rusuh ataupun perkelahian.

"Justru kami bangga Qatar sebagai negara muslim berhasil menggelar perhelatan piala dunia 2022 dengan sangat elegan," ujar Muhaimin.

Cak Imin juga mengucapkan selamat untuk Qatar yang semakin hari negaranya semakin maju.

"Kemajuan dan prestasi Qatar dibuktikan dalam penyelenggaraan Piala Dunia. Kami ikut bangga Qatar sekaligus mewakili eksistensi negara Islam dalam perhelatan pertandingan tingkat dunia," ungkapnya.

Pertemuan wakil legislatif kedua negara ini tak hanya membahas perhelatan Piala Dunia 2022. Dalam pertemuan itu, juga dibahas diplomasi kedua negara.

"Selama ini hubungan Indonesia dan Qatar terjalin dengan baik dan kami berterima kasih atas hal itu," tutur pria yang akrab disapa Gus Muhaimin ini.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas kerja sama kedua negara terutama bidang pendidikan, teknologi dan ketenagakerjaan berbasis skill. "Kami berharap kerja sama bilateral ke depan semakin berkembang," ucap Muhaimin.

Selanjutnya, pembahasan kerjasama bilateral lebih detail akan dilanjutkan pihak eksekutif. Dalam pertemuan itu, Muhaimin didampingi Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid dan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Syamsurizal, Wabendum DPP PKB Bambang Susanto, Wakil Ketua PWNU Jawa Timur Gus Salam Sohib, dan Ketua DPW PKB Jawa Tengah Gus Yusup Chudlori.

(jbr/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT