Lalin Kawasan Puncak Macet, One Way Arah Jakarta Diberlakukan

ADVERTISEMENT

Lalin Kawasan Puncak Macet, One Way Arah Jakarta Diberlakukan

Muchamad Sholihin - detikNews
Minggu, 27 Nov 2022 14:29 WIB
Lalin Kawasan Puncak Macet, One Way Arah Jakarta Diberlakukan
Lalin kawasan Puncak macet, one way arah Jakarta diberlakukan. (Muchamad Sholihin/detikcom)
Jakarta -

Satlantas Polres Bogor menerapkan sistem satu arah atau one way arah Jakarta di Jl Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, siang ini. Arus lalu lintas ke arah Cianjur via Puncak ditutup sementara.

"Situasi saat ini di Jl Raya Puncak sudah diberlakukan one way arah Jakarta, untuk kendaraan arah Puncak atau Cianjur via Puncak disetop sementara," kata Kanit Turjawali Ipda Ardian Novianto, Minggu (27/11/2022).

Ardian mengatakan rekayasa lalu lintas di Jl Raya Puncak dilakukan karena adanya peningkatan arus kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta. Sistem one way diberlakukan untuk mengurai kepadatan yang terjadi di titik-titik kemacetan.

"Jadi saat ini diprioritaskan untuk kendaraan menuju Jakarta. Untuk kendaraan tujuan Puncak dan sekitarnya harap bersabar menunggu sampai jalur dibuka kembali atau mencari jalur-jalur alternatif lain," kata Ardian.

Ardian menyebutkan one way diperkirakan bakal diterapkan hingga sore nanti. Jika arus kendaraan arah Jakarta sudah tak lagi padat dan tidak menimbulkan kemacetan panjang, arus lalin akan kembali normal dua arah.

"Penerapan one way diperkirakan sampai sore. Ya kalau berdasarkan pertimbangan pimpinan dan kondisi di lapangan, arus lalin sudah dimungkinkan untuk dinormalkan kembali, maka one way akan diakhiri dan lalin kembali normal dua arah," sebutnya.

Diberitakan sebelumnya, kemacetan terjadi di Jl Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, siang ini. Antrean kendaraan arah Jakarta tampak mengular di beberapa titik.

"Untuk saat ini arus jalur puncak sudah mulai ada peningkatan arus, karena sudah banyak wisatawan yang mulai pulang setelah berwisata di kawasan Puncak. Selain itu juga banyak aktivitas masyarakat di titik-titik tertentu," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor Ipda Ardian Novianto, Minggu (27/11).

Pantauan detikcom, titik kemacetan terjadi Pasar Cisarua, Jl Raya Puncak, Bogor. Banyaknya aktivitas masyarakat dan kendaraan wisatawan keluar-masuk menuju kawasan wisata dan vila mengakibatkan kemacetan panjang.

Antrean kendaraan arah Jakarta tampak terjadi mulai kawasan Gunung Mas, Simpang Taman Safari, hingga Pasar Cisarua. Hambatan arus kendaraan juga terlihat di Simpang Cilember atau jalur alternatif menuju Ciawi.

Kemacetan juga terjadi di pintu masuk wisata Cimory yang berada di kawasan Cipayung, Megamendung. Antrean kendaraan mengular karena banyak kendaraan keluar-masuk area wisata.

Sementara itu, kendaraan ambulans dan truk pengangkut bantuan logistik melintas menuju lokasi bencana Cianjur. Hal tersebut terlihat dari spanduk-spanduk yang dipasang di badan mobil yang melintas. Bunyi sirene juga silih menghiasi kemacetan di Jl Raya Puncak.

"Antrean kendaraan yang ke bawah (arah Jakarta) hambatan di Megamendung dan Pasar Cisarua sudah mulai nampak peningkatan," kata Ardian.

(yld/yld)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT