BIN Beri Layanan Kesehatan Door to Door ke Korban Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

BIN Beri Layanan Kesehatan Door to Door ke Korban Gempa Cianjur

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 08:17 WIB
Sahabat Ganjar
Foto: Istimewa
Jakarta -

Badan Intelijen Negara (BIN) terus berupaya membantu para korban gempa di Cianjur. Salah satunya dengan memberikan pelayanan kesehatan door to door ke para gempa di Desa Pameungpeuk, Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Adapun bantuan ini bertujuan untuk membantu para korban di daerah yang belum terjangkau pelayanan kesehatan memadai akibat terputusnya akses jalan maupun minimnya sarana akomodasi bagi masyarakat.

Ketua Tim Dokter Medical Intelligence (MI) BIN dr. Sri Wulandari mengatakan pihaknya hadir untuk membantu para korban gempa yang memiliki keterbatasan dalam mengakses sarana kesehatan.

"Kami melihat, selain membutuhkan dukungan untuk memenuhi masalah logistik dasar, para korban mempunyai persoalan terkait kesehatan. Untuk itu, kami hadir melalui door to door," ujar dr. Wulan dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/11/2022).

Untuk mengantisipasi kemungkinan tingkat kerawanan kesehatan korban, kata Wulan, Tim MI BIN menyiapkan unit ambulan, 2 orang dokter dan 7 orang tenaga medis terlatih. Pihaknya juga menyediakan obat-obatan pendukung sehingga masyarakat tidak khawatir dan cemas saat melakukan pengobatan berjalan.

Pelayanan kesehatan door to door MI BIN pun mendapat respons positif dari para korban. Masyarakat mengaku merasa terbantu karena saat ini pelayanan kesehatan masih sulit didapat, terutama di daerah yang tidak terjangkau oleh tim kesehatan.

Kepala Desa Cijedil, Puhidin pun mengapresiasi pelayanan kesehatan door to door yang dilaksanakan MI BIN. Pihaknya berharap layanan tersebut dapat terus ditingkatkan jangkauannya karena masih terdapat desa yang belum dapat didatangi tim kesehatan.

Simak Video 'Gage Puncak Berlaku, Terkecuali Kendaraan Bantuan Gempa Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT