Lewat Trauma Healing, KAI & BUMN Hibur Anak-anak Korban Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

Lewat Trauma Healing, KAI & BUMN Hibur Anak-anak Korban Gempa Cianjur

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 20:49 WIB
Trauma Healing Anak Korban Gempa
Foto: KAI
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) memberikan trauma healing bagi korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur. Relawan KAI mengajak warga terdampak bencana, khususnya anak-anak untuk bermain dan bercerita bersama agar mereka tetap kuat dan bisa kembali ceria.

"Trauma healing KAI lakukan sebagai langkah rehabilitasi bagi para korban bencana gempa di Cianjur, khususnya anak-anak untuk memperkuat psikologis pascabencana. Melalui Program KAI Mengabdi yang berfokus pada sosial dan lingkungan, jajaran pegawai KAI yang tergabung dalam Tim KAI Menginspirasi ikut berkontribusi dalam membantu meringankan beban korban gempa bumi Cianjur," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

Dikatakan Joni, para relawan KAI tersebut terdiri dari para pegawai KAI dengan berbagai formasi pekerjaan seperti operasional, perawatan sarana, prasarana, administrasi, dan lainnya. Para relawan tersebut membantu korban gempa untuk mendirikan tenda, menyalurkan bantuan logistik, dan berjaga malam.

Dalam penanganan bantuan, kata dia, KAI bekerja sama dengan seluruh BUMN agar pengiriman bantuan dan penanganan bencana gempa bumi di Cianjur cepat dilakukan dan tepat sasaran.

Di samping itu, pihaknya juga terus berkoordinasi melalui Posko Satgas BUMN Provinsi Jawa Barat Penanganan Darurat Bencana Gempa Bumi Kabupaten Cianjur yang dibentuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam Satgas BUMN tersebut, relawan KAI bertugas sebagai Divisi Analisis Data untuk mendata jumlah korban, kebutuhan bantuan, distribusi bantuan, dan lainnya. Dengan begitu diharapkan bantuan yang disalurkan kepada para korban bencana lebih tepat guna.

"Dalam hal penanganan bencana gempa bumi ini, KAI telah menerjunkan 6 orang petugas posko, 18 orang petugas medis, 15 orang petugas pengamanan untuk membantu distribusi logistik, serta 9 orang relawan dimana 2 orang standby di posko Satgas BUMN dan 7 orang turun di lokasi Desa Limbangan Sari. Selain itu KAI menyediakan 2 unit ambulans, 2 mobil operasional, 1 pick up, 3 tenda, dan 1 unit Rail Clinic untuk membantu korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur," terangnya.

Diketahui, Rail Clinic adalah kereta khusus milik KAI yang memiliki berbagai layanan dan fasilitas pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara cuma-cuma ke berbagai jalur KA. Sejak 23-25 November 2022 Rail Clinic sudah melayani sebanyak 217 pasien.

"KAI berkomitmen bersama seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bergotong royong membantu masyarakat yang terdampak bencana dan dengan terus berkolaborasi ke Satgas Bencana BUMN, diharapkan memberikan sumbangsih meringankan beban korban untuk segera pulih agar dapat cepat kembali beraktivitas." tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Langsung Posko Pemulihan Trauma Korban Gempa di Cianjur. Erick berinteraksi, menghibur anak-anak, dan memberikan motivasi semangat untuk para korban.

"Seluruh BUMN akan berkolaborasi untuk membangun fasilitas kesehatan yang rusak akibat guncangan gempa di Cianjur. Bangunan tersebut akan dibangun dengan konstruksi tahan gempa," tukasnya.



Simak Video "Momen Ceria Anak-anak Korban Gempa Bumi Cianjur Trauma Healing"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT