Isi CV Apa Saja? Yuk, Dicek Sebelum Melamar Kerja

ADVERTISEMENT

Isi CV Apa Saja? Yuk, Dicek Sebelum Melamar Kerja

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 18:30 WIB
Isi CV apa saja? Perlu diketahui, CV dan surat lamaran kerja berbeda dalam isi dan kegunaannya, meskipun sama-sama diperlukan saat melamar kerja.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Sitthiphong)
Jakarta -

Isi CV apa saja? Setiap pelamar kerja harus memiliki CV atau Curriculum Vitae. Perlu diketahui, CV dan surat lamaran kerja berbeda dalam isi dan kegunaannya, meskipun sama-sama diperlukan saat melamar kerja.

Simak ulasan di bawah ini soal serba-serbi CV atau Curriculum Vitae.

Isi CV Apa Saja? Cek Dulu Pengertiannya

Mengutip dari buku berjudul 30 Hari Mencari Kerja yang ditulis oleh M. Hariwijaya, CV adalah uraian diri seseorang mengenai pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang dimiliki. Isi CV adalah hal-hal yang berkaitan dengan identitas seseorang, seperti:

  • Data pribadi
  • Latar belakang pendidikan formal dan pendidikan tambahan (kursus)
  • Pengalaman kerja (jika ada)
  • Aktivitas di luar kerja formal, seperti pengalaman organisasi, pengalaman memimpin seminar atau acara-acara lainnya.
Isi CV apa saja? Perlu diketahui, CV dan surat lamaran kerja berbeda dalam isi dan kegunaannya, meskipun sama-sama diperlukan saat melamar kerja.Isi CV apa saja? Perlu diketahui, CV dan surat lamaran kerja berbeda dalam isi dan kegunaannya, meskipun sama-sama diperlukan saat melamar kerja. (Foto: Van Tay Media/Unsplash)

Cara Membuat CV Menarik

CV yang baik tentunya akan menarik minat penyeleksi kerja atau HRD untuk mengetahui potensi yang dimiliki pelamar kerja. Berikut adalah cara-cara membuat CV terlihat menarik.

  1. Cantumkan poin-poin singkat, namun menjelaskan tentang diri kita
  2. CV dikemas dengan tampilan yang simpel agar menarik minat pembaca
  3. Informasi yang disampaikan harus jujur dan akurat
  4. Beri jarak margin pada semua sisi CV sebesar 1,5 spasi
  5. Bagian kosong membuat CV terlihat bersih dan mudah dibaca serta memberi ruang bagi pembaca untuk membubuhkan catatan di CV Anda
  6. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamaran.

5 Alasan CV Penting untuk Pencari Kerja

Mempersiapkan CV yang baik adalah komponen penting dalam melamar pekerjaan. Berdasarkan informasi dari situs Career Development Center (CDC) Unsri, berikut lima faktor mengapa CV disebut penting bagi para pencari kerja.

1. Menampilkan Kesan Pertama

CV menjadi hal pertama yang diseleksi dalam proses penerimaan karyawan baru. Kesan pertama dari HRD akan muncul berdasarkan CV milik pelamar kerja.

2. Menunjukkan Profesionalitas

Berdasarkan tampilan CV, penyeleksi bisa menilai profesionalitas si pencari kerja. Oleh karena itu, buatlah CV sebaik dan semenarik mungkin untuk menunjukkan profesionalitas dalam bekerja.

3. Menarik Perhatian

CV harus dibuat dengan menarik agar HRD berminat membaca riwayat hidup pelamar kerja. Tampilan CV haru simpel, memuat informasi secara singkat, padat, dan jelas, serta menarik minat pembaca.

4. Menjelaskan Diri Secara Singkat

Informasi yang disampaikan dalam CV jangan sampai bertele-tele. Tulislah dengan singkat, namun padat dan juga jelas.

5. Menonjolkan Kemampuan

Isi CV apa saja? Pelamar kerja berhak menampilkan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki di dalam CV. Cantumkan keduanya secara jujur untuk menunjukkan kemampuan pencari kerja.

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT