ADVERTISEMENT

Pelindo Bersama BUMN Penuhi Kebutuhan 40 Desa Terdampak Gempa Cianjur

Danica Adhitiawarman - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 18:07 WIB
Pelindo Bantu Korban Gempa Cianjur
Foto: Pelindo
Jakarta -

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo turut berkolaborasi dalam Posko Satgas Bencana BUMN di Cianjur. Posko ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan primer bagi 40 dari 137 desa yang terdampak gempa Cianjur.

Menteri BUMN Erick Thohir secara langsung meninjau kelengkapan fasilitas Posko Satgas Bencana BUMN di Cianjur pada hari Jumat (25/11). Ia pun berdialog dan menghibur masyarakat di Kampung Berenuk, Limabangansari, Cianjur.

"Selain kolaborasi 58 BUMN, kita juga mendorong sinergitas dengan Kementerian dan Lembaga lain. Semoga bantuan dapat kami maksimalkan dan meringankan masyarakat yang terdampak," ujar Erick dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

Erick mengatakan Satgas Bencana BUMN terus berkoordinasi intensif dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Pemerintah Daerah setempat. Ia juga meminta Satgas Bencana BUMN dan Yayasan BUMN untuk Indonesia melakukan pemetaan terkait kebutuhan dasar masyarakat terdampak gempa Cianjur.

Pelindo mengirim dua truk bantuan berisi kebutuhan primer siap pakai, seperti bahan makanan dan minuman instan, alat kebersihan diri, perlengkapan bayi dan balita, hingga kain kafan. Hal ini sebagai perwujudan dari Program Bakti BUMN Pelindo.

Selain itu, enam orang relawan tanggap bencana yang terlatih dan bersertifikat masih berjaga dan melayani masyarakat Cianjur sejak Selasa (22/11). Bantuan ini disalurkan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo Group.

"Pelindo bersama BUMN lainnya berkolaborasi untuk memberikan aksi cepat penanggulangan bencana gempa di Cianjur. Tim Relawan Pelindo yang berada di Posko Satgas Bencana BUMN siap 1x24 jam untuk membantu proses evakuasi dan membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan," ujar Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono.

Sebagai informasi, Satgas BUMN masih terus mengirimkan bantuan untuk korban gempa melalui 3 posko utama Satgas BUMN, 9 posko bantuan, 4 posko kesehatan, dan 4 dapur umum. Posko-posko ini tersebar di berbagai titik wilayah terdampak bencana.

Kemudian, sampai saat ini Kementerian BUMN dengan adanya kolaborasi 58 BUMN telah mengirim 349 relawan dan 61 tenaga kesehatan untuk membantu lebih dari 60 ribu pengungsi dalam mendapat bantuan dan tempat tinggal sementara.

Dalam hal infrastruktur, Satgas BUMN mengirimkan 23 unit bantuan genset dan sanitasi, 33 bantuan alat berat, 17 unit ambulans, 2 unit rescue, dan 168 unit tenda.

Simak juga 'Basarnas Temukan 17 Korban Gempa Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT