Jalani Masa Tahanan, Wanita di Pandeglang Bawa Bayinya ke Rutan

ADVERTISEMENT

Jalani Masa Tahanan, Wanita di Pandeglang Bawa Bayinya ke Rutan

Aris Rivaldo - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 12:06 WIB
Rutan kelas II B Pandeglang
Rutan Kelas II-B Pandeglang (Aris Rivaldo/detikcom)
Pandeglang -

Seorang ibu di Pandeglang menjalani masa tahanan di Rutan Kelas II-B Pandeglang dengan membawa anak. Ibu itu terpaksa membawa anak tersebut karena masih menyusui.

"Ikut ditahan bersama ibunya," kata Ketua Komnas Anak Provinsi Banten Hendry Gunawan, Jumat (25/11/22).

Hendry mengatakan pada Kamis (24/11) kemarin Komnas Anak Provinsi Banten bersama dengan Komnas Anak Pandeglang dan Cilegon menyambangi rutan Pandeglang untuk melihat kondisi anak yang ikut ditahan bersama dengan ibunya itu. Menurutnya, ibu dan anak tersebut tinggal di klinik rutan Pandeglang.

Ia menjelaskan kondisi anak yang masih berusia 7 bulan tersebut sangat membutuhkan lingkungan yang layak untuk bermain. Ia mengatakan saat tim dari Komnas Anak tersebut datang ke rutan, si anak sangat ingin bermain.

Hendry mengungkapkan si anak dan ibunya tinggal di salah satu sudut ruangan klinik. Dengan kondisi tempat tinggal yang kurang layak bagi anak itu, ia khawatir si anak riskan tertular virus.

"Posisi si anak tidurnya di salah satu ruangan di dalam klinik, itu yang kita khawatirkan memang. Karena di klinik setiap hari kadang dalam beberapa waktu-waktu tertentu kan ada saja tahanan-tahanan yang berobat datang ke sana," katanya.

"Nah, posisi si anak ada di klinik. Ketika imun si anak itu tidak bagus, tidak kuat, yang dikhawatirkan akan tertular virus yang memang dibawa ketika ada tahanan yang sedang berobat ke klinik. Karena posisi si anak di klinik itu," tambahnya.

Hendry mengatakan kondisi si anak saat ini mengalami penyakit pembekakan jantung. Menurutnya, hal itu dikarenakan ketika dalam kandungan kondisi si ibu tertekan dalam menghadapi perkara ini.

"Si anak sampai kemudian ada pembengkakan jantung. Karena, semenjak kehamilan, si ibu tertekan. Jadi 2021 si ibu tertekan akibat kasus ini, sehingga anaknya lahir dengan ada pembengkakan jantung," katanya.

(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT