Serba-serbi Pulau Widi di Maluku Utara yang Muncul di Situs Lelang Asing

ADVERTISEMENT

Serba-serbi Pulau Widi di Maluku Utara yang Muncul di Situs Lelang Asing

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 15:14 WIB
Pulau Widi terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Indonesia. Pulau ini dikenal dengan keindahan bawah laut yang cocok yang menjadi surga bagi wisatawan.
Pulau Widi (Foto: https://www.halmaheraselatankab.go.id/)
Jakarta -

Pulau Widi di Halmahera Selatan, Maluku Utara, akan dilelang pada Desember mendatang. Dilansir CNN, Rabu (23/11/2022), lelang dimulai pada 8 Desember dan akan berlangsung hingga 14 Desember di situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions. Situs lelang itu berbasis di New York, Amerika Serikat.

Lalu, di mana letak Pulau Widi tersebut? Simak serba-serbi pulau Indonesia itu berikut ini.

Letak Pulau Widi

Dilansir situs resmi Kabupaten Halmahera, Pulau Widi terletak di Desa Gane Luar, Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Indonesia. Kepulauan Widi punya 99 pulau, tiga atol, dan mempunyai dua gugusan pulau yang dikenal oleh masyarakat nelayan, yakni Pulau Daga Gane (berhadapan dengan Kecamatan Gane) dan Daga Weda (berhadapan dengan Kecamatan Weda).

Menurut situs Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, atol adalah pulau (pulau karang) yang berbentuk cincin. Atol umumnya adalah pulau vulkanik yang ditumbuhi terumbu karang membentuk fringing reef, kemudian berubah menjadi barrier reef dan akhirnya menjadi pulau atol.

Pulau Widi terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Indonesia. Pulau ini dikenal dengan keindahan bawah laut yang cocok yang menjadi surga bagi wisatawan.Pulau Widi terletak di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Indonesia. Pulau ini dikenal dengan keindahan bawah laut yang cocok yang menjadi surga bagi wisatawan. (Foto: https://www.halmaheraselatankab.go.id/)

Kependudukan di Pulau Widi

Pulau Widi memiliki ratusan pulau kecil, namun hanya satu yang berpenghuni, yaitu Pulau Daga Kecil. Ada sekitar 15 keluarga yang bermukim di Pulau Daga, tetapi hanya satu yang benar-benar menetap. Sisanya hanya datang untuk memancing atau membuat ikan asin.

Mata Pencaharian di Pulau Widi

Pulau Widi menjadi surga bagi para nelayan. Pulau ini mempunyai potensi perikanan yang besar sehingga dimanfaatkan oleh para nelayan sebagai sumber mata pencaharian mereka.

Potensi Wisata di Pulau Widi

Pulau-pulau di kepulauan Widi memiliki keunikan tersendiri. Terdapat hamparan pasir putih yang luas, laut yang jernih disertai terumbu karang dan kaya dengan berbagai jenis ikan. Keindahan itu membuat wisatawan takjub.

Keindahan laut di Pulau Widi juga cocok untuk dijadikan tempat snorkeling dan diving. Berbagai jenis karang dan ikan yang lalu lalang di bawah laut semakin menambah indahnya kehidupan dasar laut.

Tentang Halmahera Selatan, Tempat Pulau Widi

Kabupaten Halmahera Selatan adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Labuha. Kabupaten ini dipimpin oleh H Usman Sidik sebagai Bupati Halmahera Selatan beserta Hasan Ali Basam Kasuba, yang merupakan Wakil Bupati Kabupaten Halmahera Selatan.

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT