Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022, Isi dan Link Download

ADVERTISEMENT

Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022, Isi dan Link Download

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 15:12 WIB
Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022
Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022 | Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022 sudah dirilis. Sambutan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud) memuat pidato tentang peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 yang dibacakan pada saat Upacara Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2022.

Seperti diketahui, Hari Guru Nasional diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Tahun ini, peringatan Hari Guru Nasional jatuh pada Jumat, 25 November 2022 yang diperingati dengan pelaksanaan upacara bendera yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.

Dalam pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022, sambutan Mendikbud menjadi bagian dari susunan acara Upacara Hari Guru Nasional 2022.

Lantas, bagaimana isi teks pidato sambutan Mendikbud Hari Guru 2022? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pidato Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022

Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022 adalah pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud) pada Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2022. Pidato sambutan Mendikbud Hari Guru Nasional 2022 ini menjadi bagian dari susunan acara Upacara Hari Guru Nasional tanggal 25 November 2022.

Dalam sambutannya, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pesan-pesan yang ditujukan kepada para guru di Indonesia. Mendikbud juga mendorong para guru bersama Kemdikbud untuk terus melakukan perubahan dan kebaruan demi masa depan pendidikan.

"Sebenarnya, bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah. Kami di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) juga memacu diri untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja kami dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik." kata Nadiem dalam sambutan.

Selanjutnya, Mendikbud Nadiem menjelaskan tentang Platform Merdeka Belajar untuk memenuhi kebutuhan para guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi. Selain itu, Mendikbud senantiasa membuka kesempatan bagi para guru untuk mengikuti program-program lain seperti program Guru Penggerak dan program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Lebih lanjut, Nadiem mengatakan bahwa kesejahteraan para guru perlu dukung dengan terus memprioritaskan pengangkatan guru honorer sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).

Sebagai penutup, Mendikbud menyampaikan pesan untuk bersama menyamakan arah perjalanan tujuan pendidikan di Indonesia. "Ibu dan Bapak guru yang saya hormati dan banggakan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menyamakan arah perjalanan kita menuju satu tujuan bersama, yakni pendidikan Indonesia yang maju, berkualitas, dan memerdekakan." ujar Nadiem.

Link Download Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022

Isi teks pidato sambutan Mendikbud Hari Guru 2022 telah dirilis Kemdikbud. Kamu bisa memperoleh isi teks pidato sambutan Mendikbud Hari Guru Nasional tahun 2022 dalam format PDF melalui situs resmi Kemdikbud. Adapun link untuk mengunduh teks pidato Mendikbud Hari Guru Nasional tahun 2022 bisa melalui link download berikut ini:

Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022 | Foto: Dok. Kemdikbud

Susunan Upacara Hari Guru Nasional 2022

Seperti diketahui, isi teks pidato sambutan Mendikbud Hari Guru 2022 dibacakan pada saat pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional 25 November 2022. Adapun informasi lebih lanjut tentang pelaksanaan Upacara Hari Guru Nasional 2022 adalah sebagai berikut:

Waktu dan Tempat Upacara Hari Guru Nasional 2022:

  • Hari, Tanggal: Jumat, 25 November 2022
  • Pukul: 08.00 waktu setempat
  • Tempat: Halaman kantor/lapangan/tempat lain yang telah disepakati oleh panitia setempat.

Susunan acara Upacara Hari Guru Nasional 2022:

  1. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara
  2. Pembina upacara tiba di tempat upacara
  3. Penghormatan kepada pembina upacara
  4. Laporan pemimpin upacara
  5. Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara
  6. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara
  7. Pembacaan teks Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara
  8. Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
  9. Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Pendidikan (jika ada)
  10. Menyanyikan lagu Hymne Guru
  11. Amanat pembina upacara (Pidato Sambutan Mendikbud Hari Guru 2022)
  12. Menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku
  13. Pembacaan do'a
  14. Laporan pemimpin upacara
  15. Penghormatan kepada pembina upacara
  16. Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara
  17. Upacara selesai, barisan dibubarkan.
(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT