Survei LSI Denny JA: Tingkat Kepuasan terhadap Kinerja Jokowi 74,2%

ADVERTISEMENT

Survei LSI Denny JA: Tingkat Kepuasan terhadap Kinerja Jokowi 74,2%

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 15:10 WIB
Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei perihal tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasilnya, mayoritas responden puas terhadap kinerja Jokowi.

Survei yang dilakukan pada 10-19 Oktober 2022 ini menggunakan metodologi multistage random sampling. Ada 1.200 responden yang diwawancara secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error dari survei ini ± 2,9 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mengatakan kepuasan publik terhadap Jokowi sangat tinggi. 74,2 persen responden, ujarnya, puas atas kinerja Jokowi sebagai presiden.

"Tingkat kepuasan Pak Jokowi sangat tinggi. Tingkat kepuasan mencapai 74,2 persen. Mayoritas pemilih kita puas dengan kinerja Pak Jokowi sebagai presiden," kata peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, melalui kanal YouTube LSI Dennya JA, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, publik selama ini juga merasa ekonomi Indonesia memiliki daya tahan karena peran Jokowi. Kendati demikian, kata Adjie, kepuasan terhadap Jokowi ini tidak banya mempengaruhi pilihan calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

"Publik puas dengan kinerja Jokowi. Publik juga merasa ekonomi memiliki daya tahan karena peran Jokowi. Tapi pilihan publik pada pasangan capres tak banyak dipengaruhi oleh Jokowi. (Di bawah dua persen)," tuturnya.

Berikut hasilnya:

Puas/Sangat Puas: 74,2 persen
Kurang/Tidak Puas: 23,8 persen
Tidak Tahu/Tidak Jawab: 2 persen

LSI Denny JA juga merilis hasil survei perihal siapa yang paling bertanggungjawab/berjasa atas daya tahan ekonomi Indonesia. Apa hasilnya?

Presiden Jokowi:30,4 persen
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto: 22,7 persen
Menteri Keuangan Sri Mulyani: 21,6 persen
Tokoh lainnya: <10 persen

(mae/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT