Polisi: Anggota Dewan Kepulauan Seribu yang Ditangkap Tak di Bawah Parpol

ADVERTISEMENT

Polisi: Anggota Dewan Kepulauan Seribu yang Ditangkap Tak di Bawah Parpol

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 21:35 WIB
Ilustrasi narkoba, sabu putau ganja
Ilustrasi (Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Polisi menangkap anggota Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu berinisial MJ (35) terkait kasus narkoba. MJ tidak terafiliasi dengan partai politik.

"Bukan di bawah partai politik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Selasa (22/11/2022).

Zulpan menjelaskan MJ bukan anggota DPRD. Pasalnya, posisi DPRD hanya ada di lingkup provinsi.

"Bukan (anggota) DPRD tapi Dewan Kabupaten karena di masing-masing kota atau kabupaten di DKI Jakarta tidak ada DPRD hanya ada di provinsi saja," ujar Zulpan.

Selain itu, MJ dipilih langsung oleh warga. Tugasnya di bawah pengawasan langsung dari Bupati.

"Dewan Kabupaten berada di bawah Bupati dan penunjukannya melalui pemilihan warga. Jadi per satu kecamatan ada satu orang Dewan Kabupaten," terang Zulpan.

MJ Nyabu Bareng Anggota Satpol PP

Polisi menangkap pria berinisial MJ (35), anggota Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu, terkait penggunaan narkoba jenis sabu. MJ rupanya mengkonsumsi sabu bersama pria berinisial NS (33), yang merupakan petugas Sapol PP Kepulauan Seribu.

"NS masih PJLP (penyedia jasa layanan perseorangan), belum diangkat PNS," kata Ps Kasi Humas Polres Kepulauan Seribu Ipda Putut saat dihubungi, Selasa (22/11).

NS ditangkap pada Jumat (18/11). Barang bukti narkoba sabu 1,38 gram ikut disita.

Dari keterangan NS, pelaku mengaku sempat memakai sabu bersama MJ selaku anggota Dewan Kepulauan Seribu. MJ lalu ditangkap di rumahnya pada Sabtu (19/11).

"Kita geledah rumahnya dan ditemukan barang bukti dua klip kosong sama alat hisap. MJ kita amankan ke Polsek," tambah Putut.

Setidaknya ada delapan orang yang ditangkap dari kasus penangkapan MJ. Selain MJ dan NS, para pelaku lainnya yang ditangkap masing-masing berinisial A (19), AL (27), FD (26), AL (30), IA (26), dan S (27).

Berawal Info Pesta Narkoba

Penangkapan MJ berawal dari informasi adanya pesta narkoba di Pulau Kelapa.

Pesta narkoba itu disebut terjadi pada Jumat (18/11). Polisi lalu melakukan penyelidikan di lokasi. Hasilnya, lima orang dicurigai terlibat pesta narkoba ditangkap.

"Diamankan ke Polsek Kepulauan Seribu, begitu di polsek dilakukan tes urine dan positif empat orang," ujar Putut.

Polisi lalu melakukan pengembangan penyelidikan. Empat orang yang positif narkoba ini mengaku mendapatkan sabu dari pria berinisial S.

S lalu ditangkap dan dibawa ke Polsek Kepulauan Seribu. Barang bukti sabu seberat 0,12 gram ikut disita.

S mengaku mendapatkan narkoba dari NS. Penyelidikan yang dilakukan polisi ini yang akhirnya berhasil mengungkap keterlibatan dari MJ selaku anggota Dewan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Putut mengatakan pihaknya saat ini masih mendalami keterkaitan MJ dengan pesta sabu yang disebut digelar di Pulau Kelapa.

"Jadi saat diamankan si NS ini hasil interogasi dia ngakuin sebelumnya makai narkoba sama si MJ ini. Tapi belum (termasuk) ke rombongan yang awal ditangkap tadi. Jadi MJ ini makai narkoba sama si NS apakah ikut pesta yang berlima itu masih dalam penyelidikan kita," kata Putut.

Simak juga 'Kapolsek Sukodono yang Nyabu di Polsek Dicopot!':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT