Munas HIPMI di Solo Ricuh, Ini 6 Fakta Peristiwanya

ADVERTISEMENT

Munas HIPMI di Solo Ricuh, Ini 6 Fakta Peristiwanya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 16:49 WIB
Kegiatan Munas HIPMI XVII di Solo, ricuh. Sebuah rekaman video menunjukkan keributan di ruang sidang Munas HIPMI XVII yang melibatkan para peserta kegiatan.
Munas HIPMI Solo (Foto: Dok HIPMI Solo)
Jakarta -

Kegiatan Munas HIPMI XVII di Solo, ricuh. Sebuah rekaman video menunjukkan adanya keributan di dalam ruang sidang Munas HIPMI XVII yang melibatkan sejumlah peserta kegiatan tersebut.

Selain itu, video lain juga memperlihatkan aksi adu jotos antara sesama peserta Munas HIPMI XVII di luar ruang sidang. Berikut informasinya.

Munas HIPMI Ricuh, Ini Lokasi Kegiatannya

Pelaksanaan Munas Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) XVII berlangsung di Hotel Alila Solo, Jawa Tengah pada Senin (21/11/2022) malam hari. Para peserta Munas HIPMI tersebut dilaporkan terlibat kericuhan hingga saling pukul memukul di lokasi acara.

Ketua Organizing Committe (OC) Munas HIPMI XVII, Muhammad Ali Affandi saat menjelaskan penyebab Munas HIPMI ricuh.Ketua Organizing Committe (OC) Munas HIPMI XVII, Muhammad Ali Affandi saat menjelaskan penyebab Munas HIPMI ricuh. (Foto: Tara Wahyu NV/detikJateng)

Kronologi Munas HIPMI Ricuh

Munas HIPMI XVII dilaksanakan sejak pagi hingga malam hari. Acara Munas itu dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Memang secara keseluruhan berjalan cukup lancar, kita ketahui dari pagi upacara pembukaan, lanjut kegiatan, sambung malam hari sampai dinamika luar biasa, ada yang minta dilanjut dan ada yang minta ditunda," kata Kapolresta Solo, Kombes Iwan Saktiadi, Selasa (22/11/2022).

Tiba-tiba, terjadi dinamika saat rapat dan banyak interupsi dari peserta. Akhirnya, rapat pleno I tersebut dihentikan sementara (diskors).

"Pada saat setelah kegiatan malam pleno yang pertama itu peserta bubar, kemudian di arena luar ada gesekan-gesekan, senggol, dan ada sedikit kesalahpahaman. Jadi ya sedikit kesalahpahaman antar beberapa orang di lokasi terjadi hal yang kita ketahui (adu jotos)," ucap Iwan.

Penyebab Kericuhan Munas HIPMI di Solo

Ketua Organizing Committee (OC) Munas HIPMI XVII, Muhammad Ali Affandi, mengungkapkan pemicu kejadian adu jotos di acara tersebut. Hal itu disebabkan oleh salah paham antar peserta Munas HIPMI. Dia mengungkapkan kegiatan itu berlangsung hingga terlalu malam sehingga berujung kelelahan dan bisa menimbulkan kesalahan.

Jadwal di hari pertama acara itu adalah rapat pleno 1 dengan pembahasan dan penetapan jadwal Munas. Namun, pleno tersebut belum selesai dan harus diskors hingga pagi hari.

"Kemarin kemaleman, harusnya selesai jam 10 malam. Molor sampai jam 12 malam," kata Ali saat ditemui di Hotel Alila, Solo, dilansir detikJateng, Selasa (22/11/2022).

Peserta Munas Sudah Hadir Sejak Pagi

Para peserta Munas HIPMI XVII di Solo sudah berada di lokasi sejak Senin (21/11/2022) pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB. Rapat yang berlangsung hingga malam hari membuat para peserta kelelahan dan mudah tersulut emosi.

"Kan keputusan yang baik itu harus disertai sama kesehatan, makan kenyang dan fokus kalau sudah capek bisa salah," ungkap Ketua Organizing Committee (OC) Munas HIPMI XVII, Muhammad Ali Affandi, Selasa (22/11/2022).

Rapat Munas Dilanjutkan Lagi

Ketua Organizing Committee (OC) Munas HIPMI XVII, Muhammad Ali Affandi mengungkapkan sidang pleno pada Munas HIPMI XVII di Solo kembali dilanjutkan pada Selasa (22/11/2022). Rapat itu sempat dihentikan karena adanya keributan antar para peserta Munas.

"Secara teknis akan kita perbaiki kalau ada kekurangan. Dinamika menghangat lah, itu di luar forum mau istirahat, kita mau selesaikan secara kekeluargaan," terang Ali.

1 Korban Kericuhan Munas HIPMI Lapor Polisi

Dikutip dari detikJateng, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo menerima laporan dari salah satu korban adu jotos di Munas HIPMI XVII yang terjadi pada Senin (21/11/2022) malam hari.

Korban tersebut berinisial MAA (40), warga Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Ia mengalami luka lebam di muka akibat Munas HIPMI yang ricuh dan sempat dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moerwardi, Solo.

"Laporan yang masuk ke kami, kami terima. Dan laporan itu pun akan kami tindaklanjuti," kata Kapolresta Solo Kombes Iwan Saktiadi, Selasa (22/11/2022).

(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT