Kominfo Cek Infrastruktur Telekomunikasi Terdampak Gempa di Cianjur

ADVERTISEMENT

Kominfo Cek Infrastruktur Telekomunikasi Terdampak Gempa di Cianjur

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 12:10 WIB
Menkominfo Jhonny G Platte (Karin/detikcom)
Menkominfo Johnny G Plate (Karin/detikcom)
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal mengecek sejumlah infrastruktur telekomunikasi di wilayah terdampak pasca-gempa Cianjur, Jawa Barat. Menkominfo Johnny G Plate telah memerintahkan Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika (PPI) mengecek langsung.

"Saya udah perintahkan Dirjen PPI untuk berkoordinasi dengan seluruh operator seluler untuk melihat infrastruktur telekomunikasi di sana," ucap Platte di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2022).

Platte mengaku telah mendapat laporan bahwa ada sejumlah jaringan telekomunikasi yang terdampak gempa. Namun, dia menyebut jaringan itu masih dapat berfungsi dengan baik.

"Semalam saya dapat laporan bahwa memang ada beberapa yang terdampak tapi secara keseluruhan masih bisa berfungsi dengan baik," jelas Platte.

"Kami terus memonitor agar penanganan bencana itu dapat terbantu dengan jaringan komunikasi yang memadai. Kira-kira demikian," sambungnya.

Kominfo juga telah melakukan pemantauan dan mendorong operator seluler melakukan mitigasi untuk pemulihan layanan bagi masyarakat.

Gempa M 5,6 Cianjur

Gempa bumi M 5,6 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terjadi pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Titik koordinat gempa berada di 6,83 derajat LS dan 107,06 derajat BT dengan kedalaman 10 km. Gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

Gempa terasa kuat di sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Bogor, Depok, hingga Tangerang Selatan (Tangsel). Hingga pagi tadi, terjadi 120 lebih gempa susulan.

Simak Video 'Progres Pemulihan Jaringan Seluler yang Down Imbas Gempa Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(ain/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT