Terungkap! Ada Duit Rp 200 Juta Dipindah dari Rekening Yosua Usai Penembakan

ADVERTISEMENT

Terungkap! Ada Duit Rp 200 Juta Dipindah dari Rekening Yosua Usai Penembakan

Zunita Putri, Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 10:40 WIB
Jakarta -

Seorang pegawai salah satu bank, Anita Amalia, mengungkap ada perpindahan uang Rp 200 juta dari rekening Brigadir N Yosua Hutabarat (Brigadir J) ke rekening Bripka Ricky Rizal. Uang itu dikirim dari rekening Yosua setelah Yosua tewas.

Hal itu diungkap Anita saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus pembunuhan Brigadir Yosua dengan terdakwa Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf di PN Jaksel, Senin (21/11/2022).

Hakim awalnya bertanya apa kaitan Anita dalam kasus ini. Anita kemudian menjelaskan sempat diperiksa soal transaksi di rekening Ricky Rizal.

"Saya ketika di-BAP diberi kuasa untuk membuka data nasabah Ricky Rizal," kata Anita.

"Ada apa?" tanya hakim.

"Ketika di-BAP ditanyakan transaksi-transaksi yang ada di rekening Saudara Ricky Rizal," ujar Anita.

Dia mengatakan ada transaksi Rp 200 juta dari rekening Yosua ke rekening Ricky Rizal. Uang tersebut dipindah pada 11 Juli 2022. Yosua tewas ditembak di rumah dinas Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022.

"Yang saya serahkan itu data rekening koran, rekening koran tanggal 11 Juli dari rekening Ricky Rizal, ada uang masuk pemindahan dari (menyebut nomor rekening) rekening atas nama Nopriansyah Yosua sebesar Rp 100 juta sebanyak dua kali di tanggal yang sama. Jadi total Rp 200 juta," ujarnya.

Dia mengatakan uang tersebut dipindah lewat mobile banking. Namun dia mengaku tak tahu berapa total uang yang ada di rekening Yosua.

"Saya nggak tahu, saya nggak ada kuasa buka berkas data nasabah yang, saya punya kuasa hanya Saudara Ricky Rizal saja," ujarnya.

"Selain uang Rp 200 juta yang masuk ke rekening Ricky, ada uang apa lagi di antara tanggal 8 (Juli) ke atas?" tanya hakim.

"Kalau uang masuk, tidak ada lagi," ucapnya.

Anita mengaku tak tahu Yosua telah dimakamkan pada 11 Juli 2022. Dia mengaku baru tahu setelah melihat berita.

"Nggak tahu. Tahunya setelah ada berita," ujarnya.

(haf/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT