Adu Perspektif, Jadi Nggak Jadi Koalisi Pendukung Anies

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif, Jadi Nggak Jadi Koalisi Pendukung Anies

Vandy Yansa - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 09:26 WIB
Jakarta -

Koalisi Perubahan, yang diisi Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat, membatalkan deklarasi pada 10 November 2022. Sejumlah isu mencuat menjadi alasan koalisi pendukung Anies Baswedan ini batal deklarasi.

Batalnya deklarasi Koalisi Perubahan membuat jalan pencalonan Anies dalam kontestasi Pilpres 2024 terjal. Anies mengakui kesulitan tersebut dalam HUT ke-11 Partai NasDem.

"Kalau lewat sebuah perjalanan, ada jalan yang datar, ada jalan yang menurun, dan ada jalan yang mendaki. Mau perjalanan yang nyaman, pilih jalan yang mendatar dan menurun. Tapi jalan itu tidak akan pernah mengantarkan kepada puncak mana pun," kata bacapres Partai NasDem Anies Baswedan, Jumat (11/11).

Entah apa yang membuat deklarasi Koalisi Perubahan batal, tidak ada jawaban yang pasti. Namun Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menduga deklarasi batal karena belum ada kesepakatan dari bandar.

"Sudahlah, kita kan sudah tahu semua kan, bandar belum sepakat, duit belum terkumpul, 20 persen belum terkumpul, ya gagal," ujar Fahri Hamzah, yang juga eks kader PKS dalam acara Adu Perspektif, Rabu (9/11).

Keraguan solidnya Koalisi Perubahan tidak hanya dilihat oleh Fahri. Ketum Projo Budi Arie Setiadi juga melihat hal yang sama terhadap koalisi ini. Ia menilai Koalisi Perubahan belum ada kesepakatan pada level kebijakan, dan figur capres-cawapres dari ketiga partai itu tidak nyambung.

"Dari awal saya juga sudah prediksi ini nggak akan solid, baik di level kebijakan, level figur nggak nyambung," kata Budi Rabu (17/11).

Ketidakjelasan 'Koalisi Perubahan' membuat jalan Anies semakin sulit. Meski tiket sudah dipegang, tapi partai pendukung di bawahnya belum ada kata sepakat. Lalu bagaimana nasib tiket capres Anies dengan maju mundurnya Koalisi Perubahan? Apakah keretakan hubungan NasDem dan Demokrat dapat mempengaruhi kerja koalisi? Akankah PKS memilih mundur dan memilih jalan koalisi dengan partai lain?

Adu Perspektif kali ini membahas topik Jadi Enggak Jadi Koalisi Pendukung Anies bersama politikus dan pengamat partai politik, yakni Effendy Choirie (Ketua DPP Partai NasDem), Kamhar Lakumani (politikus Demokrat) atau Andi Mallarangeng (Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat (PD), Fahri Hamzah (Wakil Ketum Gelora), Muhammad Kholid (juru bicara PKS), dan Adi Prayitno (Direktur Parameter Politik Indonesia). Acara disiarkan secara langsung dari detikcom, Senin (21/11/2022) pukul 20.00 WIB sampai selesai.

(ed/ed)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT