Pj Gubernur: Jika DKI Ingin Ganti Kendaraan Dinas, Harus Mobil Listrik

ADVERTISEMENT

Pj Gubernur: Jika DKI Ingin Ganti Kendaraan Dinas, Harus Mobil Listrik

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 20 Nov 2022 09:37 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menghadiri acara Electric Vehicle Funday di Bundaran HI, Jakarta Pusat.
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menghadiri acara 'Electric Vehicle Funday' di Bundaran HI. (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hertono menghadiri acara 'Electric Vehicle Funday' di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan tersebut, Heru Budi mengatakan Pemprov DKI akan memprioritaskan pembelian mobil listrik jika ingin mengganti mobil dinas.

"Kendaraan-kendaraan dinas yang lebih gampang, kalau tahun depan Pemda DKI ingin merevitalisasi armadanya tentunya harus sudah mengarah ke sana (penggunaan listrik)," kata Heru dalam sambutannya di Bundaran HI, Minggu (20/11/2022).

Meski demikian, untuk kendaraan yang bersinggungan langsung dengan kepentingan publik perlu dikoordinasikan lebih lanjut. Terkait penerapan, kata Heru, perlu konsultasi dengan Kementerian Perhubungan dan Menteri ESDM.

"Tinggal nanti kendaraan untuk kebersihan dan lain-lain perlu konsultasi ke Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM secara bertahap, kira-kira seperti itu," kata Heru.

Heru lantas menjelaskan sederet keuntungan penggunaan kendaraan listrik. Salah satunya bebas aturan ganjil-genap hingga masyarakat tak perlu boros mengganti oli.

"Itu untuk kendaraan masyarakat ya, bebas ganjil genap. Tidak bersuara kalau malam-malam, saya sama Pak Menhub mau jalan-jalan malam, sama Kakorlantas, tidak ganggu tetangga, ngecek lapangan ya jadi nggak berisik," tutur Heru.

"Yang berikutnya juga nggak susah-susah harus ganti oli, dan juga pemerintah juga nggak memikirkan dampak sisa oli kan itu tidak ada. Yang ketiga, mendukung program PLN, surplus terhadap listrik," sambungnya.

Untuk diketahui, acara 'Electric Vehicle Funday' digelar di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Acara bertajuk penggunaan kendaraan listrik tersebut dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hingga PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (20/11) pukul 06.58 WIB, rombongan pejabat hadir di sekitar Hotel Mandarin Oriental. Terlihat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj Gubernur DKI Heru Budi.

Selain itu, turut hadir Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Ketua Umum PERIKLINDO Moeldoko datang beriringan menggunakan motor listrik. Mereka terlihat menyapa masyarakat yang hadir di lokasi.

Pembawa acara kemudian mengarahkan ke halaman utama. Para pejabat kemudian diajak ke beberapa gerai yang telah tersedia.

Salah satunya bengkel konversi, di sana Menteri Perhubungan dan PJ Gubernur DKI Jakarta meresmikan komunitas vespa elektrik bernama 'Elletrico'.

Para pejabat kemudian bergerak ke pameran 'Edu Infrastruktur'. Di sana tampil beberapa pemberitahuan seperti Permen ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang kepemilikan instalasi listrik hingga banner terkait pengisian di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Lihat juga video 'Begini Nasib Kendaraan Listrik Bekas Pakai KTT G20':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT