Puan Harap Masjid Sheikh Zayed Jadi Simbol Persaudaraan Antarbangsa

ADVERTISEMENT

Puan Harap Masjid Sheikh Zayed Jadi Simbol Persaudaraan Antarbangsa

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 16:13 WIB
Puan Maharani di Masjid Raya Sheikh Zayed
Foto: dok. DPR RI
Jakarta -

DPR RI Puan Maharani berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Jawa Tengah usai menghadiri pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah-Aisyiyah. Dalam kunjungannya, Puan diajak berkeliling dan meninjau area masjid mulai dari teras, ruang utama masjid, hingga tempat wudu.

Seperti diketahui, Masjid Raya Sheikh Zayed yang menjadi replika masjid megah Abu Dhabi, The Sheikh Zayed Grand Mosque merupakan masjid pemberian Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed (MBZ) yang baru saja diresmikan.

Puan berharap hadirnya masjid ini dapat memperkuat hubungan kedua bangsa, serta menambah keunggulan Kota Solo secara nasional maupun di mata dunia. Sebab, selain menjadi tempat salat, pusat dakwah dan pendidikan Islam, ia menilai Masjid Raya Sheikh Zayed dapat menjadi destinasi wisata religi baru.

"Sekaligus dapat menjadi simbol persaudaraan antarbangsa dan pusat penyebaran Islam rahmatan lil 'alamin," ujar Puan dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/11/2022).

Saat meninjau Masjid Raya Sheikh Zayed, Puan sempat bertanya terkait pengelolaan masjid kepada pengurus. "Bagaimana pengelolaan masjid ini nantinya?" tanya Puan

Pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed Adib menjelaskan pengelolaan masjid dibentuk di bawah koordinasi Kementerian Agama, serta berkoordinasi dengan Pemkot Solo. "Masjid Raya Sheikh Zayed akan menjadi pelopor dan pusat penyiaran dan penyebaran Islam toleran, moderat," jelas Adib.

Usai berkeliling meninjau masjid, Puan kemudian menemui warga yang memanggil namanya dari balik pagar Masjid Raya Sheikh Zayed. Mengingat untuk sementara waktu, masjid masih belum dibuka bagi umum sehingga warga hanya dapat melihat Masjid Raya Sheikh Zayed dari balik pagar pembatas.

Selain masyarakat lokal, ratusan warga yang berkunjung ke Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan penggembira Muktamar Muhammadiyah yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia.

Dalam momen ini, Puan pun menyalami satu persatu warga hingga foto bersama. Sesekali ia juga berinteraksi dengan masyarakat sambil membagikan buku. Kedatangannya pun mendapat sambutan hangat dari warga.

"Ibu dari mana?" tanya Puan saat berbincang dengan salah satu warga.

"Dari Kalimantan, Mbak Puan, ikut muktamar," jawab warga tersebut.

Sebagai informasi, kunjungan Puan ke Masjid Raya Sheikh Zayed turut didampingi oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Kedatangan Puan dan Gibran disambut oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Bimbingan Syariah Masjid Raya Sheikh Zayed, Dr. H. Adib.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT