Banjir Landa Medan, Bobby: Sungai Penuh, Air dari Drainase Tak Bisa Masuk

ADVERTISEMENT

Banjir Landa Medan, Bobby: Sungai Penuh, Air dari Drainase Tak Bisa Masuk

Nizar Aldi - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 15:41 WIB
Potret banjir di Medan.
Banjir di Medan (Kartika Sari/detikSumut)
Medan -

Banjir melanda sejumlah wilayah di Kota Medan, Sumatera Utara. Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut banjir dipicu hujan deras di daerah pegunungan dan dalam Kota Medan.

Dilansir detikSumut, Sabtu (19/11/2022), banjir telah merendam sejumlah wilayah sejak Jumat (18/11) malam. Bahkan ketinggian air di Kampung Aur, Medan, mencapai 2,5 meter dan membuat warga dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Bobby menyebut banjir di Medan dipicu naiknya air sungai karena hujan deras di daerah hulu dan dalam Kota Medan. Dia mengatakan kondisi tersebut membuat air dari drainase tak bisa mengalir ke sungai.

"Masih sama seperti kemarin banjir di Kota Medan karena curah hujan yang tinggi, baik di perkotaan maupun di gunung, di hulu, ini beberapa sungai di Kota Medan meningkat airnya yang menyebabkan drainase kita penuh juga. Jadi drainase kita penuh, sungai kita juga naik ketinggiannya. Jadi air yang dari drainase tidak bisa masuk ke sungai dan akhirnya meluap. Ini yang menyebabkan banjir baik di rumah warga maupun di ruas jalan protokol maupun arteri," kata Bobby Nasution.

Dia mengatakan perbaikan drainase di Medan tak langsung menghilangkan banjir. Menurutnya, normalisasi sungai masih dibutuhkan agar Medan bisa bebas banjir.

Simak selengkapnya di sini.

Lihat juga video '5 Sekolah di Polman Penuh Lumpur Akibat Banjir, Siswa Diliburkan':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/dnu)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT