Giliran Menteri PUPR 'Fotografer' Muncul di Poster Unggahan IG Jokowi

ADVERTISEMENT

Giliran Menteri PUPR 'Fotografer' Muncul di Poster Unggahan IG Jokowi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 19 Nov 2022 11:38 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah soal batik, yang merupakan seni budaya khas Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO, di Instagram. Pada unggahan poster tersebut, tampak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sedang beraksi dengan kameranya.

Berdasarkan poster yang diunggah di Instagram resmi Jokowi, Sabtu (19/11/2022), Basuki tampak mengenakan kemeja putih dengan topi terbalik. Basuki terlihat sedang berlutut sambil mendekatkan kamera ke mata.

"Batik Indonesia adalah warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi yang diakui oleh UNESCO. Batik dengan aneka corak dan warna digunakan masyarakat dalam berbagai suasana, dari perhelatan resmi, panggung fesyen, hingga kehidupan sehari-hari," tulisnya di akun @jokowi.

Tak hanya itu, tampak juga kucing oranye yang dikerubungi anak ayam berwarna kuning di unggahan tersebut. Lalu, terlihat juga sarang burung beo dengan tulisan 'Sarang Beo'.

Lalu, Jokowi juga bercerita bahwa batik dikenakan oleh para pemimpin negara saat hadir di KTT G20 Bali lalu, 15-16 November.

"Para pemimpin negara G20 juga mengenakan batik saat menghadiri jamuan makan malam di kawasan Garuda Wisnu Kencana, Bali, Selasa 15 November lalu. Batik-batik itu menjadi cendera mata Indonesia untuk tamu-tamu penting kita," katanya.

"Yang merah dicelup dengan pewarna dari buah mengkudu di Lasem, yang biru diwarnai dengan tanaman indigo di Pekalongan, dan warna cokelat dari tanaman soga yang dikerjakan di Solo/Yogyakarta. Batik adalah sumbangsih Indonesia untuk kebudayaan dunia," tambahnya.

(azh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT