UNS Akan Sidang Etik Mahasiswa Pembunuh Wanita Hamil di Pantai DIY

ADVERTISEMENT

UNS Akan Sidang Etik Mahasiswa Pembunuh Wanita Hamil di Pantai DIY

Ahmad Rafiq - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 17:36 WIB
Dua tersangka kasus pembunuhan wanita hamil yang jasadnya ditemukan di Pantai Ngrawe Gunungkidul, dihadirkan dalam jumpa pers di Polres Gunungkidul, Kamis (17/11/2022).
Pembunuh wanita hamil di Gunungkidul. (Pradito Rida Pertana/detikJateng)
Jakarta -

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo saat ini tengah menelusuri pemberitaan mengenai mahasiswanya yang diduga membunuh wanita hamil di Gunungkidul. Pihak kampus juga akan menyiapkan sanksi.

"Kami sudah ada laporan bahwa tersangka memang mahasiswa kami," kata Ketua Komite Etik UNS Sunny Ummul Firdaus, dilansir detikJateng, Jumat (18/11/2022).

Menurutnya, tersangka kasus pembunuhan bernama ERW tersebut masih tercatat sebagai mahasiswa angkatan 2016 di kampus tersebut.

Dia mengatakan pihak kampus akan mengedepankan praduga tak bersalah dalam penanganan kasus pidana yang menjerat mahasiswanya. Meski demikian, dia menjelaskan proses sanksi etik bisa mulai dilakukan meski proses hukum masih berjalan.

"Jadi proses hukum dan proses etik itu berbeda. Untuk proses pidananya akan ditangani oleh penegak hukum, sedangkan kami dari kampus bisa memulai proses untuk kode etiknya," kata Sunny.

Meski demikian, dia enggan menduga-duga mengenai sanksi etik yang akan dikenakan oleh pihak kampus ke ERW. Namun, jika dugaan pembunuhan itu terbukti di pengadilan, ERW bisa terkena sanksi berat dari kampus berupa drop out alias DO.

"Bisa sampai dikeluarkan dari kampus," katanya.

Baca berita selengkapnya di sini.

(rdp/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT