Ayah Sakit Menahun, Pelajar Sukabumi Ini Jualan Sayur Sebelum ke Sekolah

ADVERTISEMENT

Ayah Sakit Menahun, Pelajar Sukabumi Ini Jualan Sayur Sebelum ke Sekolah

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 13:22 WIB
Adia Riswani, siswa SMA penjual sayur di Sukabumi.
Adia Riswandi berjualan sayur. (Syahdan Alamsyah/detikJabar)
Jakarta -

Kaki Adia Riswandi terlihat mantap menapaki jalan lingkungan di Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Hujan gerimis tidak menyurutkan semangat remaja 17 tahun itu berjualan sayur dengan seragam SMA menempel di tubuhnya.

Tidak terlihat guratan putus asa meski pundaknya memikul sayur. Pelajar kelas 3 SMA itu sengaja meluangkan waktu sebelum masuk sekolah dengan berjualan sayuran hasil menanam sendiri bersama ayahnya.

"Bapak sakit sudah tiga tahun, lalu ibu yang membiayai jadi buruh cuci. Adia nggak tega, kasihan lihat ibu berangkat pagi pulang magrib bawa pulang Rp 50 ribu. Lalu inisiatif sendiri Adia mulai berjualan, sebelum berangkat sekolah dan pulang sekolah," ungkap Adia dilansir detikJabar, Kamis (17/11/2022).

Pagi itu hujan gerimis mengguyur Warungkiara. Sambil memikul sayuran, Adia tersenyum ramah ke emak-emak yang terlihat sudah menunggunya sejak pagi.

Bagi Adia, tak ada rasa malu harus berjualan. Sebaliknya, ia justru bersemangat mencari uang untuk membantu meringankan beban orang tuanya.

"Kenapa harus malu, yang penting semangat bisa membantu keluarga, apalagi saat berjualan lihat ibu-ibu yang mau beli sayur Adia pada ramah pada baik, waktu berangkat sekolah suka ada yg kasih uang buat jajan dan makan. Dari situ Adia semangat berjualan," tuturnya.

Baca berita selengkapnya di sini.

(rdp/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT