ADVERTISEMENT

Andre Rosiade Puji Kinerja Tokcer BRI yang Cetak Laba Rp 39 T

Jihaan Khoirunnissa - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 12:31 WIB
Andre Rosiade (dok. Andre Rosiade).
Foto: Andre Rosiade (dok. Andre Rosiade).
Jakarta -

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade mengapresiasi kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Diketahui, BRI berhasil mencatatkan laba bersih hingga Rp 39,31 triliun pada kuartal III tahun 2022.

"Saya mengapresiasi kinerja Manajemen BRI yang mencatatkan laba Rp.39,31 triliun atau tumbuh 106,14% year on year (yoy) dengan total aset meningkat 4,00% yoy menjadi Rp.1.684,60 triliun," kata Andre dalam keterangan tertulis, Jumat (18/11/2022).

Andre menyebut torehan laba yang naik dibandingkan capaian kuartal sebelumnya. Menurutnya hal tersebut menunjukkan manajemen BRI mampu memanfaatkan momentum pascapandemi dan menangkap tantangan menjadi peluang bagi perusahaan.

Kinerja positif ini, lanjut dia, tidak terlepas dari tangan dingin Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Sunarso di bawah komando Menteri BUMN Erick Thohir dalam melakukan transformasi berkelanjutan di seluruh perusahaan BUMN termasuk BRI.

"Transformasi, perbaikan dan terobosan yang dilakukan Pak Erick Thohir di BUMN telah membuahkan hasil, salah satunya dapat dilihat dari kinerja BRI saat ini. Sehingga kontribusi BUMN dalam ekonomi Indonesia semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Andre.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat ini juga mengapresiasi komitmen BRI dalam menjadikan UMKM sebagai core businessnya. Dikatakannya, pemerintah melalui Kementerian BUMN yang membentuk Holding BUMN Ultra Mikro dengan BRI sebagai holding telah memberikan dampak positif terhadap fondasi perekonomian nasional, khususnya dalam menggerakkan ekonomi sektor riil.

Hal tersebut ditunjukkan dengan keberhasilan Holding Ultra Mikro mengintegrasikan 28,1 juta nasabah dengan total pembiayaan sebesar Rp 196,6 triliun dalam kurun satu tahun setelah dibentuk. Selain itu, jumlah penabung baru Ultra Mikro pun telah mencapai 6,9 juta, atau melebihi target awal yang sebanyak 3,3 juta.

Di sisi lain, gerai Sentra Layanan Ultra Mikro atau (Senyum) yang memungkinkan nasabah bisa mendapatkan layanan keuangan dari tiga entitas dalam satu tempat, telah tersebar di 1.003 lokasi. Angka ini lebih besar dari target awal yang sebanyak 978 lokasi gerai Senyum. Tidak hanya itu, Nasabah PNM Mekaar yang kini tergabung sebagai Agen BRILink juga mencapai 47,2 ribu.

Khusus untuk Agen BRILink, hingga akhir September 2022 BRI telah memiliki 597.177 agen yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mereka telah melayani transaksi finansial sebanyak 799 juta transaksi, dengan volume mencapai Rp 963 triliun.

"Kami berharap Bank BRI dapat terus menumbuhkan ekosistem bisnis ultra mikro di Indonesia, sehingga ekonomi grass root ini dapat makin tumbuh dan memudahkan masyarakat mendapatkan akses perbankan," tukasnya.

(ega/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT