Erick Thohir Gandeng Muhammadiyah Dorong Program Kemandirian Umat

ADVERTISEMENT

Erick Thohir Gandeng Muhammadiyah Dorong Program Kemandirian Umat

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 09:47 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Dok.Istimewa)
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menjadi pembicara dalam Muktamar Muhammadiyah di Solo. Dalam acara itu, Erick Thohir sempat bicara terkait peran Muhammadiyah dalam mendorong kemandirian umat di sektor ekonomi.

Erick Thohir mendorong salah satu gagasan kerja sama yakni kolaborasi antara BUMN dan Muhammadiyah untuk mendorong industri obat herbal yang halal dan aman. Erick mengatakan pihaknya dan Muhammadiyah sepakat untuk mengakselerasi industri obat herbal agar jadi bagian penting dari industri obat nasional.

"Dengan Muhammadiyah tadi kita berbicara bagaimana mengintervensi industri obat herbal yang selama ini banyak potensinya tapi tidak bisa masuk ke rumah sakit atau bisa menjadi bagian dari industri obat nasional," ujar Erick dalam keterangannya, Kamis (17/11/2022).

Selain industri obat, Erick Thohir mengungkap kerja sama BUMN dan Muhammadiyah juga bisa bergerak di sejumlah sektor lainnya. Misalnya, kerja sama di bidang finansial, UMKM, dan lain sebagainya.

Menurut Erick, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah juga pilar penting dalam mendorong bangkitnya ekonomi umat. Dia berharap kerja sama dengan Muhammadiyah dapat menumbuhkan tumbuhnya pelaku usaha dari kalangan umat, terutama yang terkait dengan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah.

"Sama halnya dengan NU, dengan Muhammadiyah juga kita mendorong kerja sama dengan UMKM. Ini seperti lewat program Pertashop. Saya rasa banyak kader Muhammadiyah yang masuk (program Pertashop). Sedangkan dari finansial kerjasamanya dengan BSI," ujar Erick.

Lebih lanjut, Erick menegaskan dia sangat mendorong agar BUMN terus bersinergi dengan komunitas dan organisasi masyarakat, seperti NU dan Muhammadiyah. Erick berharap kerja sama dapat berjalan efektif serta bermanfaat luas bagi masyarakat yang membutuhkan.

Tonton juga Video: PP Muhammadiyah Resmikan Serambi Buya Syafii

[Gambas:Video 20detik]



(maa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT