Ma'ruf Amin Pamer Keberhasilan KTT G20 Bali: AS dan China Mulai Berdialog

ADVERTISEMENT

Ma'ruf Amin Pamer Keberhasilan KTT G20 Bali: AS dan China Mulai Berdialog

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 19:21 WIB
Wapres Maruf Amin
Wapres Ma'ruf Amin (Dok. KLHK)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia telah berhasil melaksanakan KTT G20 Bali 2022. Ma'ruf menyebutkan keberhasilan itu salah satunya terkait Amerika Serikat (AS) yang mulai membuka dialog dengan China.

Ma'ruf Awalnya mengatakan berbicara mengenai tema KTT G20 Bali. Dia mengatakan KTT G20 di Bali kemarin adalah momentum membangun kerja sama antarnegara.

"G20 ini kan kita harapkan sesuai dengan tema kita itu bangkit bersama, pulih bersama dan ini kita jadikan sebagai momentum untuk membangun kerja sama," kata Ma'ruf setelah membuka acara Halal 20 di Semarang, Jawa Tengah, dalam unggahan video di akun YouTube Wapres RI, Kamis (16/11/2022).

Ma'ruf kemudian menjabarkan kerja sama yang terbangun setelah KTT G20 itu. Salah satunya, menurut dia, adalah upaya bersama dalam menghadapi krisis global.

"Baik di dalam masalah-masalah... terutama menghadapi krisis yang akan datang, termasuk soal-soal energi, kemudian juga soal-soal yang menyangkut finansial dan juga perubahan iklim, bahkan juga kita ingin, mengharapkan perang itu berhenti," jelasnya.

Ma'ruf kemudian membanggakan keberhasilan RI dalam menjadi Presidensi G20 Bali 2022. Dia menyinggung AS dan China yang berdialog di sela-sela G20. Pada KTT G20 kemarin, Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping diketahui sempat melakukan pertemuan bilateral.

"Dari pertemuan ini, sudah banyak dicapai kesepakatan-kesepakatan, dan itu saya kira keberhasilan Indonesia di G20 sudah bisa kita lihat, misalnya Amerika dengan China sudah mulai bisa berdialog," jelasnya.

"Karena itu kita berharap bahwa langkah-langkah ini yang sudah terwujud itu akan terus kita lanjutkan dan juga tentu investasi dari berbagai negara ke Indonesia," imbuhnya.

Simak juga 'Biden Minta Xi Jinping Bicara Terbuka dan Jujur Saat Jumpa di Bali':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT