Pemprov DKI Bahas Rencana Arab Saudi Sponsori Renovasi Masjid JIC

ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Bahas Rencana Arab Saudi Sponsori Renovasi Masjid JIC

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 18:26 WIB
JAKARTA, INDONESIA - OCTOBER 20: An aerial photo shows a collapsed dome of Jakarta Islamic Center Mosque after a fire that occurred yesterday in Jakarta, Indonesia on October 20, 2022. (Photo by Riky Sultana/Anadolu Agency via Getty Images)
Penampakan Masjid JIC yang terbakar (Anadolu Agency via Getty Images/Anadolu Agency)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta tengah membahas rencana Arab Saudi mensponsori renovasi Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) yang dilanda kebakaran bulan lalu. Saat ini, pembahasan tengah berlangsung di tingkat Asisten Setda DKI Jakarta.

"Sedang dibahas di tingkat asisten ya," kata Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Premi Lasari saat dimintai konfirmasi, Kamis (17/11/2022).

Sementara itu, Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) yang mengelola Jakarta Islamic Centre (JIC) KH Muhammad Subki menyambut baik niat baik Arab Saudi. Meski begitu, Subki berujar renovasi menjadi kewenangan Pemprov DKI selaku pemilik bangunan.

"Iya, senang dibantu, cuman kan skema dan mekanisme harus melalui Pemprov, nggak bisa kita langsung. Karena bangunannya kan milik provinsi," kata Subki saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Subki menyampaikan, untuk saat ini aparat kepolisian telah membuka police line yang terpasang di TKP kebakaran. Meski begitu, proses renovasi belum bergulir.

Sedangkan untuk kegiatan peribadatan masih dilaksanakan di lokasi sementara, yakni Convention Hall JIC.

"Sekarang police line sudah boleh dibuka, tapi belum ada pergerakan apapun karena kita nggak bisa gerak selama belum ada perintah dan izin dari pemerintah," terangnya.

"Sejauh ini belum ada semacam pergerakan kecuali sedang menghitung rencana berikutnya seperti apa, baru jumlah yang digelontorkan bangun masjid," tambah dia.

Sebagaimana diketahui, Arab Saudi berencana mensponsori renovasi Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) di Jakarta Utara, yang mengalami kerusakan parah setelah dilanda kebakaran hebat bulan lalu. Hal itu diumumkan oleh Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) yang menghadiri KTT G20 di Bali pekan ini.

"Pengumuman Yang Mulia Putra Mahkota menegaskan minat dan ketertarikannya pada Islamic Center di semua negara yang bersaudara dan bersahabat, karena itu memiliki peran penting dalam pendidikan generasi muda dan penyebaran Islam yang toleran, serta pesannya berdasarkan perdamaian, moderasi, dan dialog," demikian pernyataan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), seperti dilansir Alarabiya News, Rabu (16/11).

Diketahui bahwa kubah raksasa Masjid JIC ambruk setelah dilalap kebakaran hebat pada Oktober lalu. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran itu.

Penyebab kebakaran itu diselidiki oleh Polres Metro Jakarta Utara, yang menggandeng Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri.

Namun, dalam pernyataan pada Oktober lalu, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkap penyebab kebakaran itu diduga akibat kelalaian kerja. Seperti diketahui kubah Masjid JIC, yang terletak di dalam kompleks Islamic Center, sedang direnovasi saat kebakaran terjadi.

Simak juga 'Sederet Fakta Kebakaran Masjid Islamic Center Jakut':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT