Kisah Mbah Parti Puluhan Tahun Tinggal di Makam Tua Taman Sari Jogja

ADVERTISEMENT

Kisah Mbah Parti Puluhan Tahun Tinggal di Makam Tua Taman Sari Jogja

Anggah - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 16:07 WIB
Warga ini tinggal bareng makam-makam tua di Tamansari Kraton, Jogja. Foto diambil Rabu (17/11/2022).
Kompleks pemakaman Taman Sari (Anggah/detikJateng)
Jakarta -

Kawasan Taman Sari atau Tamansari merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler yang berada di tengah di Kota Jogja. Ternyata ada pemakaman tua di kawasan Taman Sari yang juga ditinggali oleh seorang wanita selama puluhan tahun.

Dilansir detikJateng, lokasi warga yang tinggal bersama makam ini berada di sisi barat Taman Sari. Tak jauh dari Masjid Soko Tunggal, tampak ada beberapa makam tua yang masih terawat dengan baik hingga saat ini.

Area makam ini menjadi tempat tinggal warga sekitar. Area permukiman dan kuburan tersebut memiliki lebar sekitar 60 meter dari timur ke barat dan panjang 70 meter dari utara ke selatan. Ada sekitar sepuluh rumah yang menempati area bergabung dengan pemakaman tersebut.

Memasuki kompleks makam, tampak anak-anak asyik bermain dan berlarian. Warga sekitar juga tampak melakukan aktivitas sehari-hari seperti mencuci, memberi pakan burung, dan mengelap motor persis di area makam tersebut.

Beberapa warga langsung mengarahkan detikJateng untuk menemui Parti (63) jika bertanya soal makam tersebut. Menurut warga, Parti adalah salah satu warga yang telah lama tinggal di permakaman tersebut.

"Saya sudah lama tinggal di sini, kalau rumah ini sejak zaman kakek saya sudah ada, Mas. Kakek itu yang jaga (area pemakaman), tugasnya bersih-bersih, akhirnya disuruh menempati. Dulu belum ada rumah di sini, kakek saya yang pertama," ucap Parti saat ditemui di kompleks Taman Sari, Patehan, Kraton, Jogja, Rabu (16/11/22).

Baca berita selanjutnya di sini.

(rdp/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT