Pemkab Tuban Gandeng PPSDM Migas Gelar Program Pelatihan K3

ADVERTISEMENT

Pemkab Tuban Gandeng PPSDM Migas Gelar Program Pelatihan K3

Danica Adhitiawarman - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 15:34 WIB
Pelatihan K3
Foto: PPSDM Migas
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tuban dalam Program Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Operator dan Pelatihan Operator Scaffolding. Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan peserta menjalankan pekerjaan di lapangan.

"Kami di sini memberikan ruang kepada para peserta Program Pelatihan K3 Tingkat Operator dan Pelatihan Operator Scaffolding ini yang nantinya setelah diberikan materi pembelajaran dapat langsung menerapkannya ke lapangan," ujar Subkoordinator Sertifikasi, Suntoro dalam keterangan tertulis, Kamis (17/11/2022).

Pelatihan ini diadakan dalam dua gelombang, yang pertama pada tanggal 31 Oktober sampai 22 November 2022 untuk pelatihan sertifikasi Rigger dan Forklift. Kemudian yang kedua tanggal 14 November sampai 6 Desember 2022 adalah pelatihan Operator K3 dan Operator Scaffolding.

"Tujuan mengikuti Pelatihan K3 Tingkat Operator ini diharapkan dapat memahami peraturan dan perundang-undangan K3 dasar, mampu memilih dan menggunakan peralatan alat pemadam api dengan baik dan benar, serta mampu bekerja sama dengan team dalam usaha pemadaman kebakaran," jelasnya.

"Kemudian untuk pelatihan Operator Scaffolding adalah dapat memahami teori praktis K3 scaffolding, dasar dasar scaffolding dan bongkar pasang scaffolding untuk meningkatkan kompetensi scaffolding tingkat operator, dan selama pelatihan diharapkan untuk bersungguh - sungguh menggunakan kesempatan ini sebagai tempat menambah wawasan dengan sebaik-baiknya," tambahnya.

Program Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tingkat Operator dan Pelatihan Operator Scaffolding dibuka oleh Suntoro. Terdapat 50 jam pelajaran teori dan 70 jam pelajaran praktik, sehingga terdapat total 120 jam pelajaran untuk kedua pelatihan tersebut.

Pelatihan ini akan diselenggarakan selama 3 minggu mulai 14 November hingga 2 Desember 2022. Selanjutnya, diadakan ujian sertifikasi pada 5-6 Desember 2022. Total peserta yang akan mengikuti pelatihan ini berjumlah 30 orang, yang mana 20 orang di Pelatihan K3 dan 10 orang di Pelatihan Scaffolding.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT