Jokowi Titip Amanah Ini ke India untuk Lanjutkan Presidensi G20

ADVERTISEMENT

KTT G20

Jokowi Titip Amanah Ini ke India untuk Lanjutkan Presidensi G20

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 14:16 WIB
Nusa Dua -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan kepemimpinan Presidensi G20 selanjutnya kepada India. Jokowi menitipkan amanah kepada PM India untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global.

"Saya juga ingin menyampaikan selamat kepada India yang akan melanjutkan kepemimpinan Presidensi G20 berikutnya, amanah untuk menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang kuat dan inklusif selanjutnya berada di tangan Yang Mulai Perdana Menteri Narendra Modi," kata Jokowi saat penutupan KTT G20 di Bali, Rabu (16/11/2022).

Jokowi meyakini G20 akan terus bergerak di bawah kepemimpinan India. Jokowi menyatakan Indonesia siap memberikan dukungan.

"Saya yakin, di bawah kepemimpinan Perdana Menteri Modi, G20 akan terus bergerak. Sebagai sahabat India dan sebagai bagian dari Troika, Indonesia siap mendukung kesuksesan Presidensi G20 India. Saya juga meminta kepada semua pimpinan G20 yang hadir untuk mendukung India tahun depan," katanya.

Jokowi lantas menyerahkan tampuk Presidensi G20 kepada India. Hal ini juga menandai berakhirnya Presidensi G20 Indonesia.

"Menandai berakhirnya Presidensi Indonesia di G20, secara resmi saya menyerahterimakan tampuk kepada India selaku Presidensi G20 berikutnya," jelasnya.

Selain itu, Jokowi mengatakan Presidensi G20 Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi. Hal itu juga ditandai dengan disahkannya deklarasi G20 Bali.

"Sebagai Presidensi G20, Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama tahun kepemimpinan. Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022," tutur Jokowi.

"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan," imbuhnya.

(lir/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT