Megawati Pakai Batik Biru Semeja dengan SBY, Ini Kata PDIP

ADVERTISEMENT

Megawati Pakai Batik Biru Semeja dengan SBY, Ini Kata PDIP

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 13:32 WIB
SBY dan Megawati duduk satu meja di jamuan makan malam G20 Indonesia (dok. istimewa/foto dikirimkan elite Demokrat).
SBY dan Megawati duduk satu meja di jamuan makan malam G20 Indonesia (Dok. Istimewa/Foto Dikirimkan Elite Demokrat).
Jakarta -

Warna-warni batik yang dikenakan oleh Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat semeja dalam rangkaian acara KTT G20 di Bali sempat menarik perhatian. Elite PDIP Junimart Girsang pun menyoroti terkait warna-warna batik para tokoh tersebut.

Mulanya, Junimart memberi respons terkait momen Megawati dan SBY duduk semeja di KTT G20 Bali. Dia menyebutkan Megawati tengah mencerminkan nilai Pancasila dengan semeja bersama SBY.

"Ini adalah pencerminan dari nilai-nilai Pancasila dan Ibu Mega mencontohkan, mengajarkan kita untuk secara aktif, konsisten membumikan Pancasila di bumi Indonesia," kata Junimart saat dihubungi, Rabu (16/11/2022).

Wakil Ketua Komisi II DPR ini lalu menjelaskan nilai Pancasila yang dimaksud. Menurutnya, Megawati memang menunjukkan nilai solidaritas dan perdamaian.

"Sebagai tokoh, figur pemimpin menjunjung tinggi solidaritas dan perdamaian untuk Indonesia maju sesuai cita-cita Bung Karno," ucapnya.

Lebih lanjut, Junimart lalu merespons terkait batik yang dikenakan Megawati, JK, dan SBY. Dalam pertemuan KTT G20 Bali itu, Megawati mengenakan batik biru, SBY batik biru muda, sedangkan Jusuf Kalla (JK) batik warna merah.

"Yang pasti merah itu warna perjuangan tanpa henti untuk Indonesia Raya," ujar Junimart ketika ditanya soal Megawati pakai batik biru sedangkan JK batik merah.

Junimart menyebut warna kesukaan Megawati bukanlah biru. Menurutnya, Megawati lebih suka warna putih, seperti putih bunga anggrek.

"Ibu suka anggrek hidup berwarna putih. Dan menanam untuk penghijauan," tuturnya.

Megawati dan SBY Duduk Semeja

Dalam foto yang diterima detikcom dari dua elite Partai Demokrat, Andi Arief dan Jansen Sitindaon, Selasa (15/11), Megawati dan SBY duduk dalam satu meja bundar yang sama. Megawati dan SBY mengenakan batik berwarna biru.

Megawati duduk di samping Hamzah Haz. Sementara itu, SBY ada di posisi seberang kursi Megawati. SBY dan Megawati tersenyum ketika diabadikan dalam foto.

Di meja tersebut, ada juga Ketua DPR RI Puan Maharani dan Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno. Hadir juga Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla dan istri di meja tersebut. JK duduk di sebelah SBY.

"Damai Indonesia," kata Jansen Sitindaon menyertai unggahan foto tersebut.

Simak Video: Gerindra soal Megawati-SBY Duduk Semeja: Suasana Sejuk Jelang Pemilu

[Gambas:Video 20detik]



(maa/fca)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT