Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kasus Tambang Ilegal Tewaskan 9 Orang di Kalsel

ADVERTISEMENT

Polisi Tetapkan 3 Tersangka Kasus Tambang Ilegal Tewaskan 9 Orang di Kalsel

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Selasa, 15 Nov 2022 03:31 WIB
Polisi mengamankan sejumlah barang bukti termasuk 3 senpi dari ketiga tersangka tambang emas ilegal di Kotabaru, Kalsel.
Jumpa pers polisi soal kasus tambang ilegel di Kalsel (Foto: (dok. istimewa)
Jakarta -

Polisi menetapkan 3 orang menjadi tersangka kasus longsor di tambang emas ilegal di Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang menewaskan 9 orang. Polisi menyebut 3 tersangka merupakan pemilik tambang ilegal.

"Iya setelah kita lakukan penyelidikan dan pengembangan kita amankan 3 orang. Ketiganya ini merupakan pemilik tambang emas ilegal," kata Kapolres Kotabaru AKBP M Gafur Aditya Harisada Siregar seperti dilansir detikSulsel, Selasa (14/11/2022).

Gafur menyebut ketiga pelaku diamankan di tempat berbeda di wilayah Kalsel pada pertengahan Oktober lalu. Para tersangka berinisial SY, AM, dan AS sempat kabur setelah terjadi longsor di kawasan tambang ilegal itu.

"Yang pertama kita amankan SY di Kabupaten Banjar. Selanjutnya kita kembangkan dan kita amankan AM di Hulu Sungai Selatan, dan AS di Kabupaten Tanah Laut," terangnya.

Diketahui, longsor terjadi di kawasan tambang emas ilegal di Kotabaru. Akibat longsor ini, sebanyak 9 orang pekerja tambang dilaporkan tewas.

Peristiwa tersebut terjadi di atas Gunung Kura-kura, Desa Buluh Kuning, Kecamatan Sungai Durian, Kotabaru, pada Selasa (26/9) pukul 23.00 Wita. Lokasi tambang liar tersebut juga dijadikan permukiman oleh para pekerja.

Simak selengkapnya di sini

Lihat juga video 'Polisi dan TNI Bersenjata Terlibat Cekcok di Tambang Emas Aceh':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT