Presiden Korsel Ucapkan Terima Kasih atas Ungkapan Duka Jokowi soal Itaewon

ADVERTISEMENT

Presiden Korsel Ucapkan Terima Kasih atas Ungkapan Duka Jokowi soal Itaewon

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 22:13 WIB
Presiden Korsel dan Presiden Jokowi (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Presiden Korsel dan Presiden Jokowi (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Bali -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Presiden Republik Korea, Yoon Suk Yeol, saat menghadiri pertemuan dengan para pengusaha Republik Korea di Bali. Yoon mengucapkan terima kasih atas ungkapan duka yang disampaikan Jokowi terkait tragedi Itaewon beberapa waktu lalu.

"Saya berterima kasih kepada Bapak Jokowi atas ungkapan belasungkawa atas tragedi di Itaewon," kata Yoon seperti dalam keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (14/11/2022).

Dalam acara tersebut, Jokowi dan Yoon terlebih dahulu berfoto bersama dengan para pengusaha Korea dan pengusaha Indonesia sebelum acara dimulai. Selepas itu, Ketua KADIN Indonesia, Arsjad Rasjid, membacakan daftar sejumlah nota kesepahaman atau MoU yang telah disepakati baik oleh pemerintah maupun para pengusaha kedua negara.

Sebelum menuju acara bertajuk Korea-Indonesia Business Roundtable tersebut, Jokowi dan Yoon bertemu dan berbincang sejenak. Yoon mengaku senang bisa berkunjung ke Indonesia dan bertemu Jokowi.

"Senang bertemu dengan Presiden kembali, saya sudah bertemu tiga kali. Hari ini saya mengunjungi beberapa tempat acara bisa merasakan banyak upaya dilakukan terutama Presiden Jokowi untuk mempersiapkan acara ini (G20)," ujar Yoon.

Turut mendampingi Jokowi dalam acara Korea-Indonesia Business Roundtable yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Duta Besar RI untuk Republik Korea Gandi Sulistiyanto, Ketua B20 Indonesia Shinta Kamdani, dan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono.

Ucapan Duka Jokowi soal Tragedi Itaewon

Pada akhir Oktober lalu, Jokowi belasungkawa atas tragedi maut di Distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan atau Korsel. Jokowi mengatakan Indonesia bersama rakyat Korsel.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi di akun Twitter-nya seperti dilihat detikcom, Minggu (30/10/2022). Ucapan belasungkawa itu disampaikan Jokowi dalam bahasa Inggris.

Jokowi menyampaikan dukacita kepada mereka yang kehilangan orang yang dicintai. Dia juga berharap mereka yang terluka bisa segera pulih.

"Deeply saddened to learn about the tragic stampede in Seoul. My deepest condolences to those who lost their loved ones. Indonesia mourns with the people of South Korea and wishes those injured a speedy recovery," tulis Jokowi.

(knv/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT