Mentor Kompeten Siap Dampingi Peserta 'Every U Does Good Heroes 2022'

ADVERTISEMENT

Mentor Kompeten Siap Dampingi Peserta 'Every U Does Good Heroes 2022'

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 17:27 WIB
Unilever
Foto: Dok. Unilever
Jakarta -

PT Unilever Indonesia menggelar program 'Every U Does Good Heroes 2022' untuk mengajak kaum muda menjadi 'heroes' atau pahlawan bagi lingkungan dan masyarakat. Unilever Indonesia mendatangkan para mentor inspiratif untuk membantu para peserta mengembangkan gagasan kebaikannya.

Program Every U Does Good Heroes 2022 merupakan bagian dari kampanye tahunan Unilever global yaitu 'Every U Does Good' guna menggelorakan semangat berbuat baik dengan langkah sederhana. Dimulai dengan memilih brand yang baik dan memberikan manfaat positif bagi diri, keluarga, dan masyarakat Indonesia.

"Sejalan dengan strategi 'The Unilever Compass', kami percaya perusahaan yang akan bertahan di masa depan adalah yang menjalankan bisnis berdasarkan purpose yang kuat dan memberi kebaikan bagi masyarakat dan lingkungan," kata Head of Communication PT Unilever Indonesia Kristy Nelwan dalam keterangan tertulis, Selasa (1/11/2022).

Every U Does Good 2022 menghadirkan para mentor inspiratif yang akan berbagi pengetahuan dengan para peserta. Mereka adalah CEO & Founder Waste4Change Mohamad Bijaksana Junerosano, Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari Gita Syahrani, Co-Founder Indonesian Tempe Movement Driando Ahnan, Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id Ayu Kartika Dewi, serta disability womanpreneur Nicky Clara.

Sebagai pendiri Waste4Change, Mohamad Bijaksana Junerosano konsisten mengajak masyarakat lebih peduli lingkungan khususnya #BijakKelolaSampah. Sesuai prinsip hidupnya yang ingin bermanfaat selama masih hidup, ia memilih isu lingkungan sebagai fokusnya.

Sano menyebut program yang digagas Unilever Indonesia itu banyak bicara mengenai keberlanjutan atau sustainability. Sehingga, kata dia, perlu dipastikan semangat untuk berbuat kebaikan selalu berlanjut.

"Artinya, regenerasi untuk membentuk agen perubahan di masa depan menjadi hal yang penting, termasuk melalui mentoring yang kami lakukan nanti. Kami akan memastikan bahwa para peserta akan mendapatkan pendampingan yang maksimal dari berbagai topik, pengalaman, dan perspektif pengetahuan yang berbeda namun saling melengkapi," tutur Sano.

Sementara itu, Driando Ahnan membentuk Indonesia Tempe Movement berangkat dari kecintaannya terhadap hidup sehat. Ia ingin memberikan akses bagi lebih banyak orang untuk mendapatkan sumber protein yang bergizi, berkelanjutan, serta terjangkau melalui promosi dan inovasi tempe. Driando juga ikut mendirikan gerakan Tempe Indonesia dan Better Nature Ltd. Inggris.

"Gerakan 'Indonesian Tempe Movement' saya cetuskan berdasarkan tujuan untuk mendorong aksesibilitas makanan bernutrisi untuk lebih banyak orang melalui tempe. Sebagai salah satu mentor baru di program tahun ini, saya siap berbagi pengetahuan, pengalaman dan berkolaborasi dengan generasi muda yang memiliki purpose yang sejalan terhadap isu-isu sosial, termasuk peningkatan kualitas kesehatan dan nutrisi. Melalui program ini, kita akan sama-sama buktikan bahwa masing-masing dari kita punya kontribusi sosial dalam masyarakat untuk membentuk masa depan Indonesia dan dunia," jelas pria yang akrab disapa Ando itu.

Mentor lainnya, yakni Ayu Kartika Dewi merupakan sosok pendiri Toleransi.id, platform yang menyatukan kisah-kisah inspiratif tentang aksi, gerakan, dan tokoh yang berperan penting dalam menjaga toleransi di Indonesia. Ayu kini dipercaya menjadi Staf Khusus Presiden RI untuk mengedepankan pentingnya toleransi dalam keberagaman.

Beralih ke Gita Syahrani, aktivis climate change yang kini menjadi Kepala Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL). Ia terus mendorong seluruh elemen untuk melakukan kolaborasi berkelanjutan serta bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan. LTKL dibentuk sebagai jawaban bagi berbagai permasalahan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan gotong royong multipihak untuk menjaga alam agar tetap dan terus lestari, salah satunya melalui partisipasi anak muda untuk berperan aktif lewat pilihan pekerjaan mereka yang bisa mendorong kesejahteraan dan perbaikan lingkungan di wilayah masing-masing.

Nicky Clara juga merupakan sosok mentor inspiratif yang dapat menjadi teladan bagi para peserta maupun masyarakat Indonesia secara umum. Ia merupakan sosok pejuang kesetaraan penyandang disabilitas yang telah mendirikan beberapa enterprise untuk membantu penyandang disabilitas dan kaum marginal di Indonesia agar lebih mandiri dan berdaya secara ekonomi. Beberapa bisnis yang dibentuknya, antara lain Menembus Batas, tenoon.id, berdayabareng.com, serta Kamu_Wear.

Bagi Nicky, keterbatasan hanya ada di pola pikir seseorang. Prinsip itu mendorongnya untuk membawa disabilitas unggul dan menghadirkan Indonesia yang inklusif.

Setelah proses mentoring dan penjurian, di akhir program akan terpilih 10 sosok Every U Does Good Heroes 2022. Masing-masing dari mereka berhak mendapatkan micro grant sebesar Rp 50 juta dari Unilever Indonesia untuk mengembangkan gerakan atau program mereka. Mengusung prinsip 'Heroes Grow Heroes', kesepuluh heroes di tahun lalu juga akan ikut berperan aktif dalam pelaksanaan program tahun ini untuk saling menginspirasi dan berkolaborasi.

Tak hanya memperoleh micro grant dari Unilever Indonesia, 10 heroes terbaik akan mendapatkan pendampingan berkelanjutan dari para mentor berpengalaman. Dengan demikian, para heroes dapat menempa kemampuan untuk menjawab tantangan dan peluang dalam memperluas skala gerakan atau program mereka.

Untuk mengikuti Every U Does Good Heroes 2022, peserta dapat mendaftar Para peserta dapat mendaftar melalui laman https://s.id/EUDGHeroes2022 mulai tanggal 1 - 25 November 2022. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program ini silakan kunjungi Instagram @unileveridn.

(akn/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT