Apresiasi Kapolri soal Kasus Sulastri, Sahroni: Jangan Terjadi Lagi!

ADVERTISEMENT

Apresiasi Kapolri soal Kasus Sulastri, Sahroni: Jangan Terjadi Lagi!

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 16:07 WIB
Gaya Sederhana Ahmad Sahroni yang Suka Makan Nasi Bungkus
Ahmad Sahroni (Instagram Ahmad Sahroni)
Jakarta -

Seorang calon siswa (casis) Bintara Polri Gelombang ll 2022 bernama Sulastri Irwan akhirnya lolos mengikuti pendidikan anggota kepolisian setelah sebelumnya digugurkan dan ditukar panitia seleksi. Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengapresiasi keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Polda Maluku Utara (Malut) yang akhirnya meloloskan Sulastri Irwan.

"Tentunya kami di Komisi III mengapresiasi keputusan yang diambil, namun lebih itu, pihak kepolisian harus lebih tegas ke depannya agar hal serupa tidak terjadi lagi karena ini akan sangat merusak citra kepolisian," ujar Sahroni dalam keterangannya, Senin (14/11/2022).

Sahroni menilai Kapolri juga perlu mengambil tindakan tegas jika hal yang sama terulang. Hal ini dinilai demi memberikan efek jera pada pejabat kepolisian di daerah yang melakukan penyelewengan.

"Ke depannya kalau sampai terjadi lagi, maka saya minta Pak Kapolri langsung beri ketegasan pada pimpinan tertinggi di wilayah tersebut, di mana pun berada, agar membuat jera bagi pejabat kepolisian dalam penerimaan calon polisi," ucapnya.

Sahroni juga meminta pimpinan kepolisian di daerah terlibat langsung dalam proses rekrutmen anggota polisi demi memastikan terwujudnya proses rekrutmen yang adil dan jujur.

"Bagi pejabat kepolisian hingga kapolda juga sudah selayaknya agar mengecek kembali semua proses agar tidak terjadi lagi hal yang demikian. Jangan mentang-mentang anak petani jadi tidak diloloskan," imbuhnya.

Polda Malut sudah meloloskan Sulastri Irwan untuk mengikuti pendidikan. Sulastri yang sempat tidak lolos gegara faktor usia itu menyampaikan banyak terima kasih kepada Kapolri dan Kapolda Malut yang sudah memberikan kesempatan menjadi polwan.

"Saya Sulastri Iwan dan keluarga besar menyampaikan terima kasih kepada Kapolri dan Kapolda Malut atas kesempatan menjadi anggota Bakomsus Kesehatan, sekali lagi kami sampaikan terima kasih," ujar Sulastri seperti dilansir Antara, Senin (14/11).

Begitu pula Rohimah Melani Hanafi, casis bintara menempati peringkat keempat yang semula menggantikan Sulastri. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Kapolri dan Kapolda atas kesempatan tersebut.

"Terima kasih karena telah mengakomodasi kami untuk menambah satu kuota pada tahun 2023," ucapnya.

Bahtiar Husni selaku penasihat hukum Sulastri Irwan juga menyampaikan permintaan maaf dan terima kasih kepada Kapolri dan Kapolda yang telah mengambil keputusan yang bijak.

Hasil kelulusan Sulastri tertuang dalam surat undangan nomor B/1393/XI/KEP./2022/Ro-SDM klarifikasi biasa.

Hal itu berdasarkan Surat Kapolri Nomor: R/1372/VII/DIK.2.1/2022/SSDM tanggal 1 Juli 2022 perihal pengiriman kuota untuk mengikuti pendidikan pembentukan dan alokasi tempat, Diktuk Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2022 dan Gelombang I Tahun Anggaran 2023.

Lihat juga Video: Ahmad Sahroni Sebut Polri Pecat Sambo Tepat: Bentuk Transparansi-Keadilan

[Gambas:Video 20detik]




(rfs/tor)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT