Bertemu Presiden Komisi Eropa, Jokowi: Presidensi G20 Kali Ini Terberat

ADVERTISEMENT

Bertemu Presiden Komisi Eropa, Jokowi: Presidensi G20 Kali Ini Terberat

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 13:59 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok. YouTube Setpres)
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok. YouTube Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen. Jokowi senang bisa bertemu lagi dengan von der Leyen.

"Senang bisa bertemu kembali dengan yang mulia dalam kondisi dunia yang membaik sejak terakhir kita bertemu di Elmau," kata Jokowi saat menyambut von der Leyen di Apurva, Bali, Senin (14/11/2022).

Jokowi berbicara mengenai krisis pangan hingga krisis energi yang melanda dunia. Menurut Jokowi semua itu bisa diatasi dengan kerja sama dari semua pihak.

"Saya berharap kerja sama antara Indonesia dan Uni Eropa dan ASEAN-Uni Eropa dapat terus ditingkatkan," ujar Jokowi.

Jokowi lantas mengungkap kondisi dunia yang sulit saat ini. Dia mengatakan presidensi G20 menjadi yang terberat dalam sejarah.

"Iya presidensi kali ini memang terberat dalam sejarah G20," ujar Jokowi.

KTT G20 Indonesia

G20 merupakan sebuah platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Forum KTT G20 intens dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan masing-masing kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban oleh Italia.

Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan.

KTT G20 Indonesia dilaksanakan di Bali pada 15-16 November 2022. Acara ini merupakan pertemuan puncak dari rangkaian agenda G20 selama presidensi G20 Indonesia.

Simak Video 'Jokowi Temui Joe Biden di Sela KTT G20':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT