Jokowi Makan Bareng MBZ Usai Resmikan Masjid, Ada Gibran-Kaesang-Bobby

ADVERTISEMENT

Jokowi Makan Bareng MBZ Usai Resmikan Masjid, Ada Gibran-Kaesang-Bobby

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 09:54 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan pagi bareng Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed (MBZ) usai peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan pagi bareng Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed (MBZ) usai peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo (Dok Agus Suparto)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan pagi bareng Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed (MBZ) usai peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo. Jokowi ditemani kedua putra dan menantunya.

Berdasarkan foto yang dibagikan fotografer kepresidenan Agus Suparto, Senin (14/11/2022), Jokowi bersama MBZ bergerak menuju kediaman pribadi Jokowi di kawasan kampung Sumber, Surakarta. Jokowi didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Kaesang Pangarep.

Jokowi duduk diapit Gibran dan Kaesang. Sedangkan MBZ duduk di depan Jokowi. Jokowi dan MBZ tampak tersenyum.

Sebelumnya, Jokowi dan MBZ meresmikan Masjid Raya Sheikh Jokowi dan MBZ tiba sekitar pukul 07.00 WIB dan langsung masuk ke dalam masjid raya. Jokowi dan MBZ sempat berbincang dan tertawa sambil berjalan menuju masjid raya. Keduanya tampak akrab.

Setibanya di dalam masjid, Jokowi dan MBZ beserta jajarannya langsung menunaikan salat. Usai salat bersama, Jokowi dan MBZ lalu melakukan penandatanganan prasasti sebagai simbol peresmian masjid raya tersebut.

Masjid Bisa Tampung 10 Ribu Orang

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa sebelumnya mengatakan masjid ini berdiri di lahan seluas 3,6 hektare. Dia mengatakan masjid ini bisa menampung 10 ribu orang.

"Kalau normal bisa sampai 10 ribu (orang) sampai selasar luar, kalau (bangunan) inti 4 ribu (orang), lantai atas dan bawah," kata Teguh saat meninjau Masjid Sheikh Zayed, Rabu (18/10).

Masjid pemberian MBZ dengan anggaran sekitar Rp 300 miliar. Teguh menyebut, selain untuk salat, masjid bernuansa putih dan emas itu juga bisa dimanfaatkan untuk pengajian dan wisata religi. Dia mengatakan Masjid Sheikh Zayed pun bisa dikunjungi masyarakat umum. Lahan parkirnya yang luas bisa menampung 28 armada bus.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022).Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Al-Nahyan di Solo, Senin (14/11/2022). Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Luas Bangunan 8.000 Meter Persegi

Masjid Sheikh Zayed yang terletak di Jalan A Yani Nomor 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi. Seperti dilansir dari surakarta.go.id, di dalamnya terdiri dari bangunan masjid, ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement yang digunakan untuk tempat wudhu putra dan putri.

Arsitektur yang diusung dalam bangunannya dibuat mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Masjid Sheikh Zayed di Solo juga dirancang memiliki 4 menara dan 1 kubah utama.

Adapun kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan khas Timur Tengah yang mengelilingi. Arsitektur Islam modern ini menggambarkan persahabatan antara UEA dan Indonesia.

Simak Video 'Jokowi dan Pangeran UEA Resmikan Masjid Sheikh Zayed di Solo':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT