Hari Toleransi Internasional: Sejarah, Makna dan Cara Memperingatinya

ADVERTISEMENT

Hari Toleransi Internasional: Sejarah, Makna dan Cara Memperingatinya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 10:15 WIB
Hari Toleransi Internasional: Sejarah, Makna dan Cara Peringati
Hari Toleransi Internasional: Sejarah, Makna dan Cara Peringati | Foto: Edi Wahyono/detikcom
Jakarta -

Tahukah kamu Hari Toleransi Internasional? International Day for Tolerance atau Hari Toleransi Internasional adalah hari yang diperingati sebagai momen untuk merayakan keragaman dan toleransi di seluruh dunia. Hari Toleransi Sedunia diperingati pada tanggal 16 November setiap tahunnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Toleransi Internasional simak serba-serbinya berikut ini.

Apa itu Hari Toleransi Internasional?

Hari Toleransi Internasional adalah hari internasional yang diperingati sebagai kesempatan untuk merayakan toleransi dalam rangka menghargai keragaman yang ada di seluruh dunia. toleransi adalah rasa hormat, penerimaan, dan penghargaan terhadap keragaman yang kaya dari budaya dunia kita, bentuk ekspresi kita, dan cara menjadi manusia, seperti dikutip dari Deklarasi Prinsip-Prinsip Toleransi UNESCO 1995.

Kapan Hari Toleransi Internasional diperingati adalah pada tanggal 16 November setiap tahunnya. Selain untuk merayakan keragaman dan toleransi, Hari Toleransi Internasional bertujuan memastikan untuk memberikan ruang bagi pendapat satu sama lain.

Hari Toleransi Internasional: Sejarah, Makna dan Cara PeringatiHari Toleransi Internasional: Sejarah, Makna dan Cara Peringati | Foto: Edi Wahyono/detikcom

Sejarah Hari Toleransi Internasional

Sejarah Hari Toleransi Internasional 16 November ditetapkan oleh UNESCO sejak tahun 1995. Seperti dilansir situs resmi UNESCO, pada 16 November 1965 untuk menandai Tahun Toleransi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan peringatan 125 tahun kelahiran Mahatma Gandhi, UNESCO menciptakan Deklarasi Prinsip-Prinsip tentang Toleransi oleh Negara-negara Anggota UNESCO..

Deklarasi tersebut sebagai cara untuk mendefinisikan dan memberikan kesadaran toleransi bagi setiap dan semua badan yang mengatur dan berpartisipasi. Deklarasi ini juga menegaskan bahwa toleransi bukanlah kesenangan atau ketidakpedulian. Toleransi adalah rasa hormat dan penghargaan terhadap keragaman budaya dunia kita yang kaya, bentuk ekspresi dan cara kita menjadi manusia.

Makna Hari Toleransi Internasional

Makna peringatan Hari Toleransi Internasional adalah dalam rangka mengakui hak asasi manusia universal dan kebebasan mendasar orang lain. Harapannya dengan toleransi dapat menjamin kelangsungan hidup komunitas campuran di setiap wilayah di dunia.

"Toleransi lebih dari sekadar menerima yang lain secara pasif. Itu membawa kewajiban untuk bertindak, dan harus diajarkan, dipelihara dan dipertahankan. Toleransi membutuhkan investasi oleh Negara pada manusia, dan dalam pemenuhan potensi penuh mereka melalui pendidikan, inklusi dan peluang. Ini berarti membangun masyarakat yang didirikan atas dasar penghormatan terhadap hak asasi manusia, di mana ketakutan, ketidakpercayaan, dan marginalisasi digantikan oleh pluralisme, partisipasi, dan penghormatan terhadap perbedaan." pesan Hari Toleransi Internasional dalam Deklarasi Prinsip Toleransi UNESCO, yang diadopsi pada tahun 1995.

Cara Memperingati Hari Toleransi Internasional

Bagaimana cara memperingati Hari Toleransi Internasional 16 November? Ada banyak cara untuk merayakan peringatan Hari Toleransi Internasional 16 November. Berikut ini beberapa rekomendasi hal yang dapat kamu lakukan untuk menyemarakkan peringatan Hari Toleransi Internasional.

  • Menghargai keragaman dan melawan segala bentuk intoleransi
  • Mengedukasi diri akan pemahaman terkait toleransi dan intoleransi
  • Menyebarkan kesadaran dan edukasi akan pentingnya toleransi
  • Memperkaya informasi tentang keragaman budaya di seluruh dunia
  • Belajar menghargai pendapat dan memahami sudut pandang orang lain
  • Berpartisipasi dalam kegiatan atau acara tema Hari Toleransi Internasional
  • Mengkampanyekan peringatan Hari Toleransi Internasional di media sosial
  • Memasang twibbon Hari Toleransi Internasional dan dibagikan ke media sosial

Demikian informasi mengenai Hari Toleransi Internasional yang diperingati setiap tanggal 16 November di seluruh dunia. Semoga bermanfaat!

Simak juga 'Tumbuhkan Toleransi Beragama Sejak Dini Lewat Kegiatan Semai':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT