Cement Free, Cara Baru Pasang Atap Tanpa Semen

ADVERTISEMENT

Cement Free, Cara Baru Pasang Atap Tanpa Semen

Sponsored - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 07:00 WIB
Genteng Kanmuri
Foto: Kanmuri
Jakarta -

Fungsi utama atap adalah untuk melindungi seisi rumah dan mempercantik tampilan rumah. Jika penutup atapnya berkualitas baik, tentunya akan memberikan kenyamanan kepada penghuni rumah. Jadi, jangan sampai penutup atap rumah atau genteng yang baru dipasang dalam waktu singkat, sudah timbul retak dan bocor, warna pudar dan berjamur.

Memilih penutup atap atau genteng memang tidaklah mudah. Apalagi banyak sekali jenis genteng yang beredar di pasaran yang terbuat dari beragam material, seperti genteng beton. Sebab, material ini terbuat dari campuran semen dan pasir, yang dalam beberapa tahun bisa retak, timbul bocor dan cepat pudar.

Ada juga genteng dari aspal/bitumen, yang materialnya tidak tahan panas tinggi, bisa meleot dan warnanya pun cepat pudar. Bahkan, ada material yang setelah jangka waktu tertentu akan timbul retak, atau berkarat, bahkan jadi keropos, dan berbahaya bagi kesehatan. Jadi, jangan sampai salah memilih jenis genteng, ya.

Untuk daerah tropis seperti Indonesia dengan curah hujan yang tinggi dan sinar matahari terik, material genteng yang paling cocok adalah genteng keramik. Material ini bisa dilihat pada atap bangunan-bangunan kuno, seperti rumah joglo di Jawa, istana-istana di Jepang ataupun China yang telah berusia ratusan tahun. Bangunan-bangunan tersebut menggunakan genteng keramik, dan hingga saat ini gentengnya tetap awet walaupun teknologi yang digunakan pada waktu pembuatan masih sederhana.

Genteng KanmuriFoto: Kanmuri

Dengan berkembangnya berbagai jenis genteng, salah satu produk genteng yang terus melakukan inovasi mengikuti perkembangan tren tanpa mengabaikan kualitas adalah genteng keramik Kanmuri.

"Filosofi kami adalah 'Reliability and quality is our business'. Reliability itu artinya bisa diandalkan dan dipercaya, baik dalam kualitas, pengiriman dan servis, kami selalu mengutamakan kepuasan konsumen," ujar General Manager Kanmuri, John S.L. Chang dalam keterangannya.

Genteng keramik Kanmuri diproduksi dengan sistem terkomputerisasi sehingga menjamin konsistensi bentuk, mutu, dan kekuatan. Pembakarannya pun dilakukan hingga temperatur 1.100 derajat Celcius sehingga material glazur dan tanah liat sampai pada fase rekatan yang stabil, menghasilkan warna yang permanen hingga puluhan tahun. Materialnya pun tidak retak, tidak bocor, tidak pudar, kuat dan tahan lama sehingga sangat direkomendasikan untuk bangunan di daerah dengan curah hujan tinggi, lembap dan panas terik.

Meski demikian, produk yang baik jika tidak didukung aplikasi yang benar, tentu bisa menimbulkan bocor pada atap rumah. Karena itu, Kanmuri memperkenalkan Cement Free, sistem pemasangan tanpa semen untuk area atap paling rawan kebocoran, yaitu area nok dan area jurai yang merupakan pertemuan bidang atap.

Pada umumnya area nok dan jurai menggunakan semen yang memiliki beberapa kelemahan seperti berikut.

1. Material semen dalam waktu yang relatif singkat akan terjadi retak-retak sehingga dapat terjadi rembes dan bocor pada rumah.
2. Bila tidak dikerjakan dengan baik, akan meninggalkan bekas noda semen yang mengurangi estetika atap.

Keunggulan Menggunakan Sistem Cement Free

1. Bebas resiko bocor dengan pemasangan yang mudah dan cepat sehingga menghemat biaya, waktu dan tenaga.
2. Hasil pemasangan atap menjadi bersih, tanpa noda semen, penampilan lebih rapi dan indah.
3. Membantu pengadaan sirkulasi udara yang baik pada area plafon dimana area tersebut merupakan pembuangan sisa aktivitas di rumah seperti dapur dan toilet. Udara yang terperangkap dapat menimbulkan bau, lembab, bakteri/jamur, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan penghuni di bawahnya. Karena itu perlu untuk menjadikan lingkungan rumah yang lebih sehat dengan Cement Free.

Untuk memberikan pilihan yang lebih beragam kepada konsumen dan memenuhi kebutuhan akan desain, kini Kanmuri menawarkan pilihan varian paling lengkap dibandingkan produk lainnya. Adapun varian Espanica cocok untuk desain klasik dan etnis. Sementara Milenio cocok untuk desain modern, kontemporer. Dan yang terbaru tipe Full Flat cocok untuk desainn minimalis.

Genteng KanmuriFoto: Kanmuri


Saat ini, beberapa perusahaan properti telah mempercayakan penutup atapnya pada genteng Kanmuri seperti Kota Baru Parahyangan, Summarecon Agung, Ciputra Group, Alam Sutera, Agung Podomoro, Lippo, Pakuwon Residence, Bumi Serpong Damai, Bintaro Jaya dan perusahaan properti terkemuka lainnya.

"Pada prinsipnya membeli genteng adalah keputusan satu kali untuk jangka waktu yang sangat lama. Keputusan yang salah akan mengakibatkan biaya yang jauh lebih besar untuk memperbaikinya. Hanya genteng keramik Kanmuri yang sekali pakai untuk selamanya," tutup John.

(Content Promotion/Kanmuri)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT