PUI Gelar Rakernas, Perkuat Konsolidasi & Percepat Capaian Renstra

ADVERTISEMENT

PUI Gelar Rakernas, Perkuat Konsolidasi & Percepat Capaian Renstra

Mega Putra Ratya - detikNews
Sabtu, 12 Nov 2022 21:38 WIB
PUI
Foto: PUI
Jakarta -

DPP Persatuan Ummat Islam (PUI) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Rakernas PUI yang digelar dalam rangka pra Milad PUI ke-105 tahun ini dilakukan guna memperkuat konsolidasi dan membahas berbagai pedoman serta percepatan capaian Rencana Strategis (Renstra) perhimpunan PUI.

"PUI dan ormas-ormas Islam lainnya berasal dari jalur guru yang sama, berakar dari satu guru, satu ilmu, satu ruh perjuangan. Kolaborasi tidak akan tercapai jika kita tidak kreatif, tidak kritis, tidak konstruktif, dan tidak ada komunikasi," ujar Ketua Umum DPP Persatuan Ummat Islam (PUI) KH. Nurhasan Zaidi dalam keterangannya, Sabtu (12/11/2022).

Hal itu dikatakanNurhasan saat membuka secara resmiRakernas PUI Tahun 2022 yang berlangsung di Hotel SavoyHoman, Bandung, Jawa Barat, Sabtu-Minggu (12-13/11/2022). Acara pembukaan ini dilakukan secara simbolis dengan mengucapkan Bismillah, takbir dan pemukulan gong yang disambut tepuk tangan para peserta.

Sementara itu sebelumnya pemerintah memberikan penghargaan gelar Pahlawan Nasional kepada KH Ahmad Sanusi. Penghargaan tersebut dinilai sangat penting sebagai pembuktian di hadapan manusia.

"Kepahlawanan KH. Ahmad Sanusi insya Allah telah disaksikan oleh Allah SWT yang Maha Mengetahui, dan penghargaan pemerintah melalui gelar pahlawan nasional merupakan penghargaan penting sebagai pembuktian di hadapan manusia," kata Anggota DPR RI ini.

Ia juga menceritakan bahwa NKRI merupakan warisan para ulama, dulu diperjuangkan oleh M. Natsir melalui Mosi Integralnya. Keteladanan KH. Ahmad Sanusi yang memecahkan kebekuan rapat BPUPK merupakan keteladanan bagi negeri ini.

"Pancasila merupakan konten dan muatan perjuangan kita, yang didasari oleh energi agama yang tidak pernah padam. Silaturahim ini menjadi kekuatan dan kebanggaan kami, menuju terbangunnya ukhuwwah islamiyah yang sesungguhnya," tutupnya.

Hadir sejumlah pejabat dan tokoh yaitu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Majelis Syura PUI DR. KH. Ahmad Heryawan, beserta para Pimpinan, perwakilan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Anggota DPR RI H Ridwan Hisjam dan Ketua Umum DPP PUI KH. Nurhasan Zaidi.

Dalam Rakernas ini hadir pula Ketua Dewan Syari'ah Pusat Endang Soetari, Ketua Dewan Pertimbangan Pusat Dr. KH. Munandi Saleh, Ketua Dewan Pakar Pusat Dr. H. Irfan Syauqi Beik, Kapolda Jawa Barat yang diwakili Div. Intelkam Polda Jabar Kombes. Pol. Drs. Ruslan Ependi dan Kasubdit Sosial Budaya Dit. Intelkam Polda Jabar AKBP Haeruman.

Hadir juga Pimpinan Ormas-ormas Islam yang menjadi pembicara dalam Dialog Keummatan Nasional yaitu Ketua Umum PB Mathlaul Anwar KH. Embay Mulya Syarief, Ketua Umum PP Al-Ittihadiyah KH. Ir. Nuruzzaman, Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Dadang Kahmad, Wakil Ketua Umum PB Al Washliyah KH. Inayatullah A. Hasyim, Wakil Ketua Umum PP Persis Prof. Atip Latipul Hayat dan WaSekjend PBNU KH. Sulaeman.

Acara Rakernas ini dihadiri juga oleh keluarga Pendiri PUI KH. Abdul Halim (Pahlawan Nasional), KH. Ahmad Sanusi (Pahlawan Nasional), Mr. Rd Syamsuddin, Pimpinan Wilayah PUI Seluruh Indonesia, Ketua-ketua Badan Otonom dan Semi Otonom PUI Tingkat Pusat, dan Pimpinan Daerah PUI Se-Jawa Barat dan DKI Jakarta yang berjumlah 200 peserta.

(mpr/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT