YouTuber Medan Ditangkap Terkait Dugaan Penistaan Agama!

ADVERTISEMENT

YouTuber Medan Ditangkap Terkait Dugaan Penistaan Agama!

Goklas Wisely - detikNews
Jumat, 11 Nov 2022 16:52 WIB
Jakarta -

Satreskrim Polrestabes Medan menangkap seorang tukang papan bunga bernama Rudi Simamora karena mengunggah konten video yang mengarah ke penistaan agama di YouTube. Akun YouTube itu bernama 'Anak Batak'.

"Rudi melakukan tindak pidana penodaan terhadap agama dan menyebar informasi yang bertujuan untuk menimbulkan kebencian terhadap suku, ras, dan agama," kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Teuku Fathir Mustafa, dilansir detikSumut, Jumat (11/11/2022).

Fathir mengatakan Rudi ditangkap di daerah Kecamatan Medan Sunggal. Rudi disebut membuat konten itu bertujuan untuk mencari keuntungan.

"Motif pelaku untuk mendapatkan penghasilan (uang) dari konten yang dibuatnya," katanya.

Rudi dijerat Pasal 28 Undang-Undang ITE atau Pasal 156 KUHP dengan ancaman di atas lima tahun penjara. Dia mengaku tak tahu bahwa konten yang dimuatnya itu bisa dipidanakan.

"Aku buat akun YouTube ini mulai 12 Oktober 2022 dengan nama akun Anak Batak. Saya tertarik karena bisa dapat banyak uang kalau banyak yang nonton akun YouTube kita. Ini aku belum ada dapat uang, bulan Desember (baru dapat)," ujarnya.

Baca selengkapnya di sini.

(azh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT