Cerita Ki Kebo Kenongo Selamat dari Maut Meski Sering Dipatuk King Kobra

ADVERTISEMENT

Cerita Ki Kebo Kenongo Selamat dari Maut Meski Sering Dipatuk King Kobra

Nur Azis - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 13:26 WIB
Pawang ular asal Sumedang, Ki Kebo Kenongo menunjukkan luka bekas gigitan ular king kobra.
Ki Kebo Kenongo pernah dipatuk ular 16 kali. (Nur Azis/detikJabar)
Jakarta -

Pawang ular atau penjinak ular adalah satu keahlian yang terbilang langka. Pasalnya, selain dibutuhkan keberanian, dibutuhkan jam terbang atau pengalaman yang mumpuni.

Kendati demikian, tidak ada satu pun pawang ular yang kebal akan semua jenis bisa ular. Hal itu juga diakui oleh pawang ular asal Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, yakni Darsum Diva Atmaya (70) atau yang dikenal dengan nama Ki Kebo Kenongo.

Dilansir detikJabar, Ki Kebo Kenongo sendiri adalah nama panggung dari profesinya sebagai pekerja seni atraksi ular. Namun, jauh sebelum itu, ia pun telah menjalani berbagai profesi yang bertalian dengan dunia ular.

Sebut saja dari menjadi pemasok ular hingga pembimbing dalam hal edukasi tentang ular telah dilakoninya. Bahkan hutan-hutan di pulau Jawa, beberapa di antaranya pernah dijelajahinya demi mencari seekor ular. Maka tidak heran jika ia pun pernah merasakan beberapa kali dipatuk ular selama menjalani profesinya tersebut.

"Ada sekitar 16 kali saya pernah dipatuk ular selama berkecimpung dalam dunia ular. Paling banyak dipatuk king cobra," ungkap Ki Kebo saat diwawancara detikJabar belum lama ini.

Meski sudah belasan kali dipatuk ular, Ki Kebo tidak merasa kebal terhadap bisa ular. Ia pun tetap menjalani pengobatan ke rumah sakit jika terkena kembali patukan ular. Namun, yang membedakannya adalah proses kesembuhannya.

"Nah aki mah sekarang kalau semisal kepatuk ular terus diobati ke rumah sakit, asal terasa sedikit sudah baikan saja, pihak rumah sakit biasanya ngizinin aki pulang kalau aki minta pulang, karena mereka sudah paham sama kekebalan tubuh aki," paparnya.

Baca selengkapnya di sini.

Lihat juga Video: Tim Panji Petualang Evakuasi King Kobra yang Tewaskan Tuannya di Trenggalek

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT