Kawal Pemilu 2024, Polres Jaksel Bakal Sebar Bhabinkamtibmas hingga RW

ADVERTISEMENT

Kawal Pemilu 2024, Polres Jaksel Bakal Sebar Bhabinkamtibmas hingga RW

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 10 Nov 2022 00:41 WIB
Ketua KPU Jaksel sambangi Polres Jaksel (Dok istimewa)
Foto: Ketua KPU Jaksel sambangi Polres Jaksel (Dok istimewa)
Jakarta -

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Selatan, Agus Sudono menyambangi Polres Metro Jakarta Selatan. Pertemuan itu membahas soal kesiapan pengamanan dan pengawalan pesta demokrasi di Pemilu 2024 mendatang.

"Pagi ini kami menerima Pak Ketua KPU Jakarta Selatan beserta pejabat di KPU, silaturahmi ke ruangan kami. Kami menyatakan kesiapan mendukung tugas-tugas KPU Jaksel agar nanti pemilihan kepala daerah, pemilihan nasional itu berlangsung dengan lancar dan aman," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan, Rabu (9/11/2022).

Ade Ary mengatakan pihaknya siap membantu tugas-tugas KPU untuk mengawal Pemilu 2024 melalui patroli dan petugas Bhabinkamtibmas yang tersebar di setiap Kelurahan. Dia berharap pesta demokrasi yang tinggal 2 tahun lagi ini akan berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami siap bekerja sama meningkatkan komunikasi, berkoordinasi dan berkolaborasi agar kerja sama antara KPU Jaksel dan Polres Metro Jakarta Selatan bisa lebih baik lagi, sudah kami sampaikan bahwa kami punya Bhabinkamtibmas ada di setiap kelurahan, ada petugas patroli yang nanti akan siap mendukung tugas-tugas KPU Jaksel," tuturnya.

"Semoga pelaksanaan pemilihan di Jakarta Selatan bisa berlangsung lancar, aman, tertib dan damai," lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jakarta Selatan, Agus Sudono mengatakan KPU tak bisa bekerja sendiri untuk menyukseskan Pemilu 2024. Dia mengatakan dukungan dari aparat kepolisian juga dibutuhkan.

"Berkaitan dengan pertemuan hari ini saya kira salah satu ikhtiar bahwa dalam rangka menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 kami menyadari dan melihat tidak bisa bekerja sendirian, maka dari itu Pak Kapolres salah satu pimpinan Kota di Jaksel, diajak berkomunikasi untuk mendapatkan support dan kemitraan yang strategis," ujar Agus.

Dia mengatakan akan ada sekitar 6.750 tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Jakarta Selatan dalam Pemilu 2024. Dia menyebut akan ada 1.720.000 warga Jaksel yang akan ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Jaksel yang cukup besar juga pemilihnya, kalau kita hitungan lebih kurang satu 1.720.000 ya diprediksikan nanti ada 6.750 TPS, tapi ini lagi kita update terkait dengan tahapan pemilu juga," ujarnya.

Dia menuturkan sosialisasi serta edukasi pada warga menjelang pemilu juga penting dilakukan. Dia berharap KPU dapat terlibat dalam kegiatan Polres Jaksel untuk secara langsung memberikan edukasi tersebut.

"Di samping itu tahapan yang lain ya sosialisasi ke warganya di Jaksel, saya harapkan ada beberapa momen-momen strategis dari kegiatan Pak Kapolres dan jajaran, kita bisa terlibat di dalamnya untuk bisa menyampaikan info-info keterlibatan warga untuk bisa berpartisipasi aktif di dalam menyukseskan pemilu 2024 termasuk ya nanti hari H mereka akan datang ke TPS untuk memilih siapa pemimpin yang akan dipilih," tuturnya.

Lebih lanjut, dia juga berharap Pemilu 2024 akan berjalan dengan tertib. Menurutnya, kerja sama dan kolaborasi dengan aparat kepolisian berperan penting dalam menyukseskan pemilu.

"Dengan harapan tentu kerja bareng ini bisa menyukseskan tahapan-tahapan yang ada di 2024, saya kira itu yang penting, bisa bersinergi, kolaborasi dengan Pak Kapolres," imbuhnya.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT