Anggota DPR: GBK Perlu Persiapan World Cup U-20, Konser Banyak di Venue Lain

ADVERTISEMENT

Anggota DPR: GBK Perlu Persiapan World Cup U-20, Konser Banyak di Venue Lain

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 09 Nov 2022 06:22 WIB
Anggota DPR dari PKS Ledia Hanifa
Anggota komisi X DPR Ledia Hanifa Amalia (Foto: dok. DPP PKS)
Jakarta -

Pihak Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) masih mempertimbangkan pergelaran konser musik Raisa hingga girlband asal Korea Selatan, Blackpink, pada tahun depan. Anggota Komisi X DPR Ledia Hanifa Amalia mengatakan Stadion GBK butuh persiapan yang banyak menjelang World Cup U-20.

"GBK sebagai sebuah venue yang sangat besar memerlukan banyak persiapan. Jika penanganan Piala Dunia U-20 di Indonesia ini baik, bisa menjadi harapan untuk perbaikan sepakbola Indonesia masa depan," ujar Ledia kepada wartawan, Selasa (8/11/2022).

Ledia menyebut Piala Dunia U-20 merupakan perhelatan besar yang kesempatannya tidak datang dengan mudah. Karena itu, sejumlah aspek perlu dipersiapkan matang-matang.

Menurut Ledia, persiapan menuju Piala Dunia U-20 memiliki banyak tantangan. Ledia menjabarkan sejumlah hal krusial yang harus diperhatikan penyelenggara, di antaranya:

1. Venue pembukaan dan penutupan
2. Akomodasi atlet, pelatih dan ofisial
3. Jarak venue dan akomodasi
4. Makanan
5. Tata kelola pertandingan
6. Keamanan

"Adapun terkait penyelenggaraan event entertainment, teman-teman penyelenggaranya tahu banyak pilihan tempat yang bisa dipergunakan. Tapi untuk Piala Dunia U-20 tidak banyak pilihannya dan menyangkut nama baik bangsa Indonesia," imbuhnya.


GBK Pikir-pikir

Rakhmadi Afif Kusumo selaku Direktur Utama GBK menjelaskan konser Raisa maupun Blackpink belum dipastikan gagal dilaksanakan di stadion utama ini. Kedua konser itu masih jadi pertimbangan pihak GBK.

Kata Rakhmadi, sampai saat ini pihaknya masih mencoba mempertimbangkan konser itu di GBK. Sebab, saat ini fokus mereka adalah melaksanakan Piala Dunia U-20 FIFA 2023.

"Masih dipertimbangkan dan semoga itu bisa terlaksana dengan baik," ujar Rakhmadi di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, dilansir detikHOT, Selasa (8/11/2022).

"Kalau perizinan untuk kegiatan nonolahraga, kami memberikan rekomendasi, namun izin keramaian dan kegiatan tersebut ada di Parekraf dan polisi," tegas Rakhmadi.

Lebih lanjut, konser Blackpink dan Raisa dijadwalkan pada 2023. Pihak promotor dari masing-masing acara telah memberikan informasi itu kepada publik.

Simak Video 'GBK soal Isu Pembatalan Konser BLACKPINK hingga Raisa':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT