Warga Rela Antre Teleskop demi Lihat Gerhana Bulan di TIM Jakarta

ADVERTISEMENT

Warga Rela Antre Teleskop demi Lihat Gerhana Bulan di TIM Jakarta

Ilham Oktafian - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 21:06 WIB
Antrean panjang untuk melihat gerhana bulan total terjadi di area Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Selasa (8/11/2022)
Antrean panjang untuk melihat gerhana bulan total terjadi di area Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Selasa (8/11/2022). (Ilham/detikcom)
Jakarta -

Antrean panjang untuk melihat gerhana bulan total terjadi di area Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Mereka ingin mengobati rasa penasaran akan fenomena alam tersebut.

Pantauan detikcom pada Selasa (8/11/2022), sejumlah warga rela antre di 5 teleskop yang disediakan oleh TIM. Mereka secara bergilir meneropong angkasa.

Salah satunya Yusuf, warga Tanah Abang, yang menjadi salah satu orang yang ikut menunggu. Meski penampakan gerhana bulan tak sesuai ekspektasinya, namun ia tak terlalu ambil pusing.

"Ya gimana lagi, dilihat dari teleskop nggak bisa makin jelas juga tapi gimana lagi udah nggak ada kerjaan juga," ujar Yusuf.

Yusuf sendiri datang ke TIM sekira pukul 17.00 WIB. Ia mengikuti talk show yang digelar TIM sebelum jam puncak gerhana bulan total.

Sayangnya, faktor hujan yang mengguyur area TIM membuyarkan ekspektasi Yusuf. Namun ia mengaku tak terlalu kecewa mengingat ia ingin menikmati fasilitas teleskop yang disediakan TIM.

"Tadi datang dari jam 5, terus ikut talk show, lalu salat gerhana, lalu hujan. Pas hujannya selesai puncak gerhananya juga selesai. Jadi udah nggak merah lagi, sekarang putih," aku dia.

"Ya sebenernya pengen lihat teleskopnya sih, pengin lihat sensasi pakai teleskop. Kalau langsung pulang sayang, udah jauh-jauh ke sini," tambah Yusuf.

Diketahui, fenomena gerhana bulan total bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jakarta. Salah satu tempat yang bisa menyaksikan fenomena tersebut adalah di TIM.

Simak Video 'Penampakan Gerhana Bulan di Sejumlah Daerah di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT