Hari Ayah Nasional 12 November, Ini Bedanya dengan Hari Ayah Sedunia

ADVERTISEMENT

Hari Ayah Nasional 12 November, Ini Bedanya dengan Hari Ayah Sedunia

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 17:14 WIB
Hari Ayah Nasional diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Hari tersebut adalah apresiasi kepada para ayah atas kasih sayang untuk keluarganya.
Ilustrasi ayah dan anak (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Hari Ayah Nasional diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Hari besar tersebut adalah bentuk apresiasi kepada para ayah atas kasih sayang dan pengorbanan yang diberikan untuk keluarga mereka.

Lantas, bagaimana sejarah peringatan Hari Ayah Nasional? Apa perbedaan Hari Ayah Nasional dengan Hari Ayah Sedunia? Berikut penjelasannya.

Sejarah Hari Ayah Nasional

Mengutip dari situs Anggun Paud Kemdikbud, Hari Ayah Nasional dicetuskan oleh kumpulan wanita dengan nama 'Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP)'. Awalnya, PPIP mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu pada Hari Ibu 22 Desember 2004. Lalu, sejumlah peserta bertanya kapan pelaksanaan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Semenjak saat itu, PPIP menggelar diskusi untuk merumuskan peringatan Hari Ayah Nasional. Kemudian, PPIP mendeklarasikan Hari Ayah Nasional pertama kali dideklarasikan tanggal 12 November 2006 di Solo, Jawa Tengah pada masa pemerintahan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Deklarasi Hari Ayah Nasional juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi tersebut, juga ada peluncuran buku 'Kenangan untuk Ayah' yang berisi 100 surat anak Nusantara hasil seleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah Nasional kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat wilayah Indonesia, yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Hari Ayah Nasional diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Hari tersebut adalah apresiasi kepada para ayah atas kasih sayang untuk keluarganya.Hari Ayah Nasional diperingati pada tanggal 12 November setiap tahunnya. Hari tersebut adalah apresiasi kepada para ayah atas kasih sayang untuk keluarganya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/ChristinLola)

Kegiatan Perayaan Hari Ayah Nasional

Hari Ayah Nasional biasanya dirayakan dengan memberikan hadiah kepada ayah serta mengadakan kegiatan kekeluargaan. Tidak jarang, sekolah-sekolah pun turut memeriahkan Hari Ayah Nasional dengan menyelenggarakan lomba memasak antara ayah dan anak serta anak-anak membuatkan minuman kesukaan ayah mereka.

Apakah Hari Ayah Nasional Libur?

Hari Ayah Nasional 12 November tidak termasuk tanggal merah. Berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, tidak ada hari libur atau tanggal merah selama bulan November 2022.

Perbedaan Hari Ayah Nasional dengan Hari Ayah Sedunia

Berbeda dengan Hari Ayah Nasional, peringatan Hari Ayah Sedunia jatuh pada tanggal 19 Juni. Hari Ayah Sedunia juga dijadikan hari libur saat perayaannya. Presiden Lyndon Johnson mengeluarkan Proklamasi Presiden pertama untuk mengapresiasi Hari Ayah pada tahun 1966. Peresmian hari libur pada Hari Ayah Sedunia dilakukan oleh Presiden Richard Nixon pada tahun 1972 dengan menandatangani Undang-Undang Publik.

Pada Hari Ayah Sedunia yang pertama, sejumlah anak perempuan memberikan bunga mawar kepada ayah mereka saat kebaktian Gereja. Bunga mawar merah adalah apresiasi kepada ayah mereka yang masih hidup, sedangkan mawar putih diberikan untuk ayah mereka yang sudah meninggal dunia.

Demikian serba-serbi perayaan Hari Ayah Nasional 12 November. Semoga bermanfaat!

Simak juga 'Hari Ayah Sedunia, Ungkapkan Rasa Sayang dengan Kegiatan Bersama':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT