Apa itu Arak Bali yang Jadi Warisan Budaya Takbenda?

ADVERTISEMENT

Apa itu Arak Bali yang Jadi Warisan Budaya Takbenda?

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 14:56 WIB
Apa itu Arak Bali yang Jadi Warisan Budaya dan Souvenir G20?
Apa itu Arak Bali yang Jadi Warisan Budaya dan Souvenir G20? | Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Apa itu Arak Bali? Arak Bali menjadi sorotan setelah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia tahun 2022. Arak Bali sebagai WBTb Indonesia ini ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu arak Bali, simak serba-serbinya berikut ini.

Apa itu Arak Bali? Minuman Khas dari Bali

Arak Bali adalah minuman beralkohol khas dari masyarakat Bali. Berdasarkan data dari BPOM, Provinsi Bali merupakan produsen arak terbesar di Indonesia dengan total produk yang terdaftar adalah 422 jenis produk, data per tahun 2020. Minuman Arak Bali biasanya digunakan oleh masyarakat sebagai penghangat badan serta keperluan upacara adat.

Pemerintah Provinsi Bali memberikan perhatian khusus terhadap produksi maupun distribusi minuman beralkohol khas Bali atau Arak Bali. Hal ini termuat dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi Dan/atau Destilasi Khas Bali.

Dalam aturan itu dijelaskan tentang apa itu Arak Bali sebagai minuman fermentasi dan destilasi adalah minuman yang dibuat dari bahan baku lokal secara tradisional dan turun-temurun, dikemas secara sederhana yang mengandung ethil alkohol/etanol (C2H5OH) yang diproses dari bahan hasil pertanian yang mengandung karbohidrat dengan cara fermentasi dan distilasi.

Apa itu Arak Bali yang Jadi Warisan Budaya dan Souvenir G20?Apa itu Arak Bali yang Jadi Warisan Budaya dan Souvenir G20? | Foto: detikcom/Riska Fitria

Arak Bali Ditetapkan sebagai Warisan Budaya

Seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Bali, Arak Bali dan delapan warisan budaya Bali lainnya berhasil ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Penetapan Arak Bali sebagai WBTb Indonesia oleh Kemendikbud Ristek RI itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 414/P/2022 Tentang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia tahun 2022.

Dengan ditetapkannya Arak Bali sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia, Gubernur Bali, Wayan Koster, menginstruksikan semua hotel, restoran, dan pelaku usaha pariwisata di Bali, untuk menyajikan Arak Bali sebagai minuman bagi wisatawan.

Wayan Koster, juga meminta kepada para perajin dan pelaku usaha Arak Bali untuk terus meningkatkan kualitas kemasan dan branding dengan menggunakan aksara Bali, serta harus tertib dan disiplin, agar tetap bisa bersaing secara sehat dalam pasar lokal, nasional, dan global.

Demikian penjelasan tentang apa itu Arak Bali yang telah resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Indonesia.

Simak juga '18 Ribu Pasukan TNI-Polri Bakal Amankan KTT G20 Pekan Depan':

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT