Nikita Mirzani Diadili Pekan Depan, Ini Jeratan Pasalnya dalam Dakwaan

ADVERTISEMENT

Nikita Mirzani Diadili Pekan Depan, Ini Jeratan Pasalnya dalam Dakwaan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 12:48 WIB
Nikita Mirzani
Nikita Mirzani (Noel/detikhot)
Jakarta -

Persidangan kasus pencemaran nama baik Nikita Mirzani akan digelar pada Senin, 14 November, pekan depan. Nikita akan didakwa terkait UU Informasi dan Transaksi Elektronik.

Dilihat detikcom di laman http://www.sipp.pn-serang.go.id, Nikita didakwa dengan sengaja dan tanpa hak melawan hukum mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik memiliki muatan penghinaan dan pencemaran nama baik yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain.

"Berawal dari rasa tidak senang terdakwa terhadap adanya pihak yang telah mengganggu kehidupan pribadi terdakwa berupa tuduhan yang seolah-olah terdakwa memiliki hubungan berpacaran dengan suami Nindy Ayunda, gangguan tersebut berupa pengiriman karangan bunga yang mengatasnamakan Askara Parasady Harsono, yang merupakan suami dari Nindy Ayunda," demikian dikutip dari petikan dakwaan yang tertera di laman resmi PN Serang sebagaimana dikutip pada Selasa (8/11/2022).

Isu tersebut kemudian mengakibatkan adanya pihak yang mencoret pagar rumah terdakwa. Terdakwa kemudian melihat media online tentang kasus pemukulan security di Kemang yang dilakukan saksi Mahendra Dito.

"Timbul niat terdakwa untuk menyampaikan kepada masyarakat perihal peristiwa tersebut dengan memanfaatkan ketenaran sebagai public figure," dalam bunyi dakwaan.

Ia lalu mencari foto Mahendra Dito di internet. Lalu, pada Minggu, 15 Mei 2022, pukul 15.10 WIB, menggunakan akun media sosial Instagramnya, @nikitamirzanimawardi_172, ia mendistribusikan foto saksi Mahendra Dito yang telah diedit melalui Instagram Story.

"Namanya DITO MAHENDRA, oh ini yang lagi viral di berita online menganiaya security, Abang Propam jangan mau percaya omongan yang ngomong banyak juga menipu dan PHP juga pada para senior," begitu bunyi dakwaan.

Lalu, pada Minggu, 15 Mei pukul 15.44 WIB, terdakwa juga mengunggah melalui Instagram Story berupa gambar yang telah diedit.

"Ini dua muka orang yang diduga melakukan penyekapan dan pemukulan secara sadis ke mantan supir bebegig sawah, yang dilakukan di rumah ibu kandungnya bebegig, kepada kepolisian Indonesia harus adil dalam menangani kasus sadis ini," bunyi unggahan sebagaimana dakwaan.

Nikita didakwa, pertama, Pasal 36 jo Pasal 27 ayat (3) Jo Pasal 51 ayat (2); kedua, Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) Undang-undang ITE; dan ketiga, Pasal 311 KUHP.

(yld/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT