Cara Melihat Gerhana Bulan Total 8 November: Waktu dan Lokasi

ADVERTISEMENT

Cara Melihat Gerhana Bulan Total 8 November: Waktu dan Lokasi

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 11:49 WIB
Cara Melihat Gerhana Bulan Total 8 November: Waktu dan Lokasi
Cara Melihat Gerhana Bulan Total 8 November: Waktu dan Lokasi | Foto: detikcom/Agung Pambudhy
Jakarta -

Cara melihat gerhana bulan total perlu diketahui bagi kamu yang ingin menyaksikan fenomena terjadinya gerhana bulan total pada 8 November 2022. Fenomena alam yang merupakan momentum langka ini dapat dilihat di Indonesia.

Lantas, bagaimana cara melihat gerhana bulan total 8 November 2022 itu? Kapan dan di mana lokasinya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Cara Melihat Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Seperti dilansir situs resmi Pusat Sains Antariksa LAPAN, pada tanggal 8 November 2022 akan ada fenomena langka yakni gerhana bulan total. Gerhana bulan total 8 November 2022 menjadi gerhana bulan total terakhir yang terjadi sepanjang tahun 2022.

Gerhana bulan total 8 November 2022 dapat dilihat di Indonesia. Bagaimana cara melihat gerhana bulan total itu? Menurut Peneliti Antariksa BRIN, Andi Pangerang, gerhana bulan total 8 November 2022 dapat dilihat secara langsung tanpa menggunakan alat bantu optik apapun.

Alat bantu seperti teleskop hingga kamera DSLR dapat juga membantu untuk melihat penampakan gerhana bulan total 8 November 2022 agar lebih jelas.

Untuk diketahui, penampakan gerhana bulan total cenderung berwarna kemerahan yang disebabkan oleh hamburan Rayleigh, yakni pembiasan sinar matahari secara selektif oleh atmosfer bumi. Gerhana bulan total dapat pula berwarna merah kusam hingga kecoklatan jika kualitas udara di lokasi pengamatan bersih dari debu.

Cara Melihat Gerhana Bulan Total 8 November: Waktu dan LokasiCara Melihat Gerhana Bulan Total 8 November: Waktu dan Lokasi | Foto: detikcom/Agung Pambudhy

Link Live Streaming Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Tidak hanya dapat dilihat secara langsung, cara melihat gerhana bulan total 8 November 2022 dapat pula disaksikan secara online. Hal ini disampaikan langsung oleh pihak BRIN Biak, Papua, melalui akun media sosial Instagramnya (@lapan_ri). Berikut ini informasi lengkapnya:

Waktu dan Lokasi Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Terkait cara melihat gerhana bulan total 8 November 2022 juga perlu diperhatikan informasi waktu dan tempat terjadinya gerhana bulan total pada tanggal 8 November 2022 di Indonesia. Masih seperti dilansir situs resmi BMKG, puncak fenomena gerhana bulan total ini terjadi pada tanggal 8 November 2022 pukul 17.59.11 WIB. Gerhana bulan total ini terjadi mulai pukul 15.00.38 WIB dan berakhir pukul 20.57.43 WIB.

Berikut ini informasi waktu dan lokasi cara melihat gerhana bulan total 8 November 2022 di Indonesia:

  • Gerhana mulai pada pukul 15.00.38 WIB tidak dapat dilihat di seluruh Indonesia
  • Gerhana sebagian mulai pada pukul 16.08.59 WIB dapat dilihat di Papua, Papua Barat, P. Seram, P. Halmahera, Kep. Aru, Kep. Kai, Kep. Tanimbar
  • Gerhana total mulai pada pukul 17.16.19 WIB dapat dilihat di Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi, NTT, NTB, Bali, Kaltara, Kaltim, Kalsel, Kalteng, Kapuas Hulu
  • Puncak gerhana terjadi pada pukul 17.59.11 WIB dapat dilihat di seluruh Indonesia kecuali Aceh, Sumut, Sumbar, Bengkulu
  • Gerhana total berakhir pada pukul 18.42.03 WIB dapat dilihat di seluruh Indonesia
  • Gerhana sebagai berakhir pada pukul 19.49.22 WIB dapat dilihat di seluruh Indonesia
  • Gerhana berakhir pada pukul 20.57.43 WIB dapat dilihat di seluruh Indonesia.

Imbauan Kemenag soal Gerhana Bulan Total 8 November 2022

Perihal fenomena gerhana bulan total 8 November 2022, Kementerian Agama (Kemenag) mengajak umat Islam untuk melakukan shalat gerhana atau salat khusuf. Ditjen Bimas Islam menerbitkan seruan kepada para Kepala Kanwil Kemenag agar menginstruksikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam/Kepala Bidang Bimas Islam/Pembimbing Syariah, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala KUA untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan di wilayahnya masing-masing.

"Pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing," kata Kamaruddin.

"Kami juga mengimbau masyarakat memperbanyak zikir, istighfar, sedekah dan amal saleh lainnya, serta mendoakan kesejahteraan dan kemajuan bangsa," tuturnya.

Demikian informasi terkait cara melihat gerhana bulan total 8 November 2022 yang dapat diamati secara langsung di Indonesia sesuai waktu dan lokasinya.

Simak juga Video: Daftar Wilayah yang Bisa Lihat Gerhana Bulan Total Hari Ini

[Gambas:Video 20detik]



(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT