Reuni Relawan Ahok, Diaz Hendropriyono: Jangan Campurkan Politik dan Agama

ADVERTISEMENT

Reuni Relawan Ahok, Diaz Hendropriyono: Jangan Campurkan Politik dan Agama

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 06 Nov 2022 22:25 WIB
Diaz Hendropriyono hadiri reuni relawan Ahok
Diaz Hendropriyono hadiri reuni relawan Ahok (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jaokowi) Diaz Hendropriyono menghadiri reuni relawan dan Kawan Flashmob Hip-hip Hura di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Diaz meminta agar relawan tak mencampur adukkan politik dan agama.

Berdasarkan keterangan yang diterima detikcom, Minggu (6/10/2022), acara itu bertajuk 'Reuni Relawan dan Kawan Flashmob Hip-hip Hura'. Acara juga dihadiri oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ade Armando dan Habib Kribo.

Acara yang merupakan ajang reuni dan konsolidasi para relawan politik ini dimulai dengan menyanyikan Indonesia Raya, diikuti pernyataan Ikrar Bersama Menjaga NKRI yang dibacakan oleh perwakilan 4 organisasi relawan politik.

Para perwakilan relawan mengucapkan ikrar kebangsaan menolak digunakannya isu identitas dan agama untuk kepentingan politik. Kelompok Relawan yang diwakili oleh Gerakan Wadyabala Jokowi, Demi Anak Generasi, Team Manguni 86 dan Aksi Baja menyatakan tidak akan terprovokasi untuk memecah belah kebangsaan Indonesia.

Sementara itu, ketika ditanya bagaimana anak muda seharusnya menyikapi adanya isu-isu politik identitas, Diaz Hendropriyono menjawab agar tak mencampurkan politik dan agama.

"Jangan campur adukkan politik dan agama," kata Diaz.

Habib Kribo yang hadir dalam acara itu juga mengajak agar jangan mudah dipengaruhi oleh kelompok-kelompok tertentu. Dia menyebut kelompok itu hanya menginginkan kepentingan politik.

"Kita jangan mau dipermainkan kelompok-kelompok sempalan. Mereka munafik bukan membela agama, mereka hanya ingin kepentingan politik," Ucap Habib Zein Kribo dalam orasinya.

Selain itu, Ahok juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para relawan yang mendukung saat Pilkada DKI 2017 lalu. Ahok lantas menyinggung orang yang pintar berbicara.

"Saya mau mengucapkan terima kasih kepada para relawan, saya pikir itu bukan sebuah kekalahan. 5 tahun Tuhan izinkan kasih orang yang pinter ngomong untuk coba kerja. Kalo saya menang, nanti yang pinter ngomong disangka hebat. Itu lebih berbahaya untuk 2024," kata Ahok.

Acara kemudian dilanjutkan dengan aksi berjoget bersama oleh ratusan relawan yang menghadiri acara. Ratusan relawan berseragam merah putih memenuhi aula Citos dan berjoget bersama. Dalam tribute para aktivis dan relawan ini termasuk tribute kepada (Alm) Sys NS, penggagas acara ini sebelumnya di 2017.

Acara juga dimeriahkan oleh para artis dan seniman ibukota di antaranya Iis Dahlia, Andre Hehanusa, Iyut Bing Slamet, Jelly Tobing, Ronny Waluya, Ida Arimurti. Beberapa tokoh politik juga hadir yaitu Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto.

Simak video 'Momen Ahok Singgung Orang yang 'Pintar Ngomong' di Reuni Relawan':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT