LPSK Surati Hakim Minta Sidang Eliezer dan Ricky-Kuat Dipisah

ADVERTISEMENT

LPSK Surati Hakim Minta Sidang Eliezer dan Ricky-Kuat Dipisah

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 06 Nov 2022 19:51 WIB
Wakil Ketua LPSK, Susilaningtias
Foto: Wakil Ketua LPSK, Susilaningtias (Dwira/detikcom)
Jakarta -

Sidang lanjutan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat dengan terdakwa Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu akan digabungkan dengan terdakwa lainnya, yakni Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf. Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengirimkan surat kepada majelis hakim untuk mempertimbangkan penggabungan itu.

Wakil Ketua LPSK Susilaningtias mengatakan bukan tanpa alasan LPSK berkirim surat kepada majelis hakim. Hal itu karena, kata Susi, dalam kasus ini, posisi Eliezer sebagai justice collaborator.

"Kami berkirim surat kepada majelis hakim untuk mempertimbangkan supaya tidak digabung mengingat posisi Richard Eliezer selaku justice collaborator," kata Susi kepada wartawan, Minggu (6/11/2022).

Susi berharap majelis hakim tidak menggabungkan dan mempertemukan secara langsung Eliezer dengan Kuat dan Ricky Rizal. Akan tetapi bila memang tetap digabung, LPSK siap melindungi Eliezer, baik secara fisik maupun mental.

"Intinya sih kami berharap untuk tidak digabung, tapi kan memang majelis hakim yang menentukan dan memimpin jalannya persidangan. Meskipun ini digabung, LPSK selalu siap untuk melindungi Richard, baik secara fisik maupun menyiapkan mentalnya," ungkap Susi.

LPSK, kata Susi, sudah menyiapkan personil untuk mengawal kasus Eliezer besok. Kendati demikian, Susi tidak memerinci jumlah personilnya karena bersifat rahasia.

"Kami tidak bisa sampaikan berapa orang karena rahasia, tapi kami sudah siapkan personil dengan kemampuan dan jumlah yang cukup untuk melindungi Richard," tuturnya.

Eliezer Siap Bertemu Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal Besok

Sidang lanjutan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua Hutabarat akan mempertemukan Bharada Richard Eliezer secara tatap muka dengan Bripka Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf. Kuasa hukum Bharada Eliezer, Ronny Talapessy, menyebut kliennya siap bertemu dengan Ricky dan Kuat Ma'ruf.

"Klien saya sudah sampaikan siap bertemu RR (Ricky Rizal) dan Kuat Ma'ruf (KM)," kata Ronny kepada wartawan, Minggu (6/11).

Ronny mengatakan pihaknya menghormati keputusan majelis hakim untuk menggabungkan sidang Eliezer dengan Kuat dan Ricky. Bharada Eliezer, kata Ronny, akan kooperatif mengikuti proses persidangan.

"Kita prinsipnya siap dan kita menghormat kebijakan majelis hakim menggabungkan sidang bersama KM, dan RR. Setiap proses persidangan dari awal Bharada E kooperatif dan kita tim penasihat hukum menghargai sikap dari Bharada E," ungkapnya.

Sebelumnya, majelis hakim menyebut sidang Bharada Eliezer, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal akan digabung pada Senin besok. Sidang lanjutan pembunuhan Yosua itu masih agenda mendengarkan keterangan saksi-saksi.

"Saudara penasihat hukum dan jaksa penuntut umum (JPU) sidang Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal ini akan kita gabung dengan sidangnya Eliezer, jadi minggu depan kita akan sidang dua kali yaitu hari Senin dan hari Rabu, hari Senin gabung dengan Eliezer," kata hakim ketua Wahyu Iman Santosa saat sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (2/11).

Simak video 'Eliezer Bakal Bertemu Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf di Sidang Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT